visitaaponce.com

Survei Roy Morgan Elektabilitas Anies-Cak Imin Capai 31, Ungguli Ganjar-Mahfud MD

Survei Roy Morgan: Elektabilitas Anies-Cak Imin Capai 31%, Ungguli Ganjar-Mahfud MD
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di debat terakhir, (4/2).(Dok. AFP/Chiba)

SURVEI terbaru soal Pilpres 2024 dari Roy Morgan menyebutkan elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) terus mengalami peningkatan. Di Januari 2024, elektabilitas Anies-Cak Imin meningkat sekitar 7% dibandingkan bulan Desember 2023 menjadi 31%.

Elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus mengalami penurunan. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu mengalami penurunan elektabilitas sebesar 7% menjadi hanya 23% di Januari 2024. Sementara elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka cenderung stagnan di angka 46%.

Dari sebanyak 1.267 responden berusia di atas 17 tahun di 17 provinsi yang dilibatkan dalam survei tersebut, hanya sekitar 4% yang masih menyatakan belum memiliki pilihan di Pilpres 2024 atau swing voters yang juga berpotensi golput.

Baca juga : Survei: Elektabilitas Anies Baswedan-Cak Imin di DKI Jakarta Mencapai 58,1 Persen

Seperti diketahui, pemungutan suara atau pencoblosan akan dilakukan pada 14 Februari 2024 mendatang. Jika dua putaran, pemungutan suara Pilpres 2024 putaran kedua akan digelar pada Juni 2024.
Dari survei tersebut juga diketahui, mayoritas pendukung Anies Baswedan-Cak Imin merupakan warga urban atau perkotaan, mencapai 33%. Sebesar 22% lainnya merupakan warga yang berada di daerah pedesaan.

Sementara itu, dari sisi pemilu legislatif, Partai NasDem juga terus mengalami kenaikan elektabilitas. Di Januari 2024 elektabilitas NasDem naik sebesar 5% menjadi 8%.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat