visitaaponce.com

LSI Kemungkinan Ada Pemilih yang Beralih dari Prabowo-Gibran Sebesar 7,1 Persen

LSI: Kemungkinan Ada Pemilih yang Beralih dari Prabowo-Gibran Sebesar 7,1 Persen
Tiga calon presiden dalam Pilpres 2024(Ilustrasi)

LEMBAGA Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di akhir masa kampanye Pilpres 2024. Dalam surveinya, LSI menyebut potensi suara yang pindah dari Prabowo-Gibran sebanyak 7,1% di hari pemilihan 14 Februari mendatang dan peluang untuk satu putaran tidak akan terjadi.

“Potensi suara yang pindah dari Prabowo-Gibran banyak. Kalau dari data sebesar 7,1 persen. Ini suara swing voters ya. Kalau di Anies 2,5 persen, Ganjar 2,5 persen juga. Kalau dilihat dari data ini, pemilih lemah itu cenderung berubah, maka kalau perubahannya kosong-kosong, bisa satu putaran. Tetapi kalau ternyata lebih banyak dari Prabowo pindah ke yang lain, masih ada peluang dua putaran,” jelas Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Sabtu (10/2).

Meski begitu, LSI juga melakukan survei terkait prediksi dari masyarakat. Mayoritas, sebanyak 62,2 persen masyarakat memprediksi pemilu hanya satu putaran. Dukungan pada Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud lebih tinggi di kelompok yang setuju dengan pemilu satu putaran, sementara Anies-Muhaimin sebaliknya.

Baca juga : Ini Penyebab Elektabilitas Anies-Muhaimin Melonjak

“Dukungan pada Prabowo-Gibran jauh lebih tinggi di kelompok yang menduga pilpres akan satu putaran, sebaliknya dukungan pada Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dukungannya lebih tinggi di kelompok yang menduga pilpres akan berlangsung dua putaran,” kata Djayadi. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat