visitaaponce.com

EVP 2024Ikut Pantau Transparansi Demokrasi di Indonesia

Election Visit Program (EVP) 2024 adalah bentuk komitmen Indonesia mendukung pembangunan berkelanjutan dalam bidang demokrasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana usai menyampaikan sambutannya di forum grup discussion (fgd) dalam rangkaian acara EVP 2024.

“Demokrasi ini sangat penting untuk kita kawal dan memang kita terus ingin membangun indeks demokrasi yang baik. Jika kita lihat di ASEAN, demokrasi kita juga termasuk sangat baik dan beberapa negara seperti Filipina, seperti Malaysia dan Indonesia, Tentu menjadi contoh bagaimana demokrasi itu harus terus dibangun," katanya, Selasa (13/2).

Baca juga : Masyarakat Harus Ikut Awasi Praktik Kecurangan Pemilu

EVP 2024 juga ungkap Putu berguna untuk memperlihatkan pada dunia mengenai transparansi dan akuntabilitas proses demokrasi di Indonesia. Untuk diketahui, nantinya para observer akan ikut meninjau langsung proses pemungutan dan penghitungan suara di tiga lokasi di Provinsi Bali.

Diketahui, EVP merupakan hasil kesepakatan AIPA Parlemen ASEAN bahwa setiap negara yang sedang melaksanakan Pemilu agar mengundang anggota AIPA Parlemen ASEAN untuk menjadi observer Pemilu. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat