visitaaponce.com

Menteri Basuki, Sri Mulyani, dan Retno Marsudi Kompak Berbaju Hitam ke TPS, Simbol Berduka

Menteri Basuki, Sri Mulyani, dan Retno Marsudi Kompak Berbaju Hitam ke TPS, Simbol Berduka?
Sri Mulyani, Retno Marsudi, dan Basuki Hadimuljono saat mencoblos ke TPS.(Dok. Instagram Sri Mulyani, Retno Marsudi, Twitter Jhon Sitorus)

BEBERAPA menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tertangkap kamera wartawan datang ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan pakaian hitam. Kekompakan mereka berbusana hitam saat mencoblos ke TPS banyak dinarasikan sebagai simbol berduka atau firasat buruk atas hasil pemilu 2024.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir menjelang pencoblosan pemilu 2024, menteri Basuki, Sri Mulyani, dan Retno Marsudi memang kencang diisukan akan mengundurkan diri dari jabatannya masing-masing. Mereka disebut-sebut tak lagi satu suara dengan Jokowi yang dinilai melanggar konstitusi.

Sri Mulyani di beberapa kesempatan bahkan juga sempat menyuarakan pendapatnya tentang bantuan sosial (bansos) yang diduga dimanfaatkan secara tidak langsung guna menarik suara untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Nyoblos di Mampang Prapatan, Rhoma Irama: Nyaman cuma agak Tegang

Saat ditanya wartawan setelah mencoblos di TPS 73 Pondok Karya Bintaro Jaya, mengapa menggunakan baju warna hitam, Sri Mulyani enggan menanggapi secara serius. Ia hanya bergurau bahwa ia memakai baju hitam karena sedang musim hujan.

Sama dengan Sri Mulyani, menteri Basuki juga menjawab dengan gurauan saat ditanya alasan menggunakan pakaian hitam. Ia menjawab sengaja pakai hitam agar kompak dengan Sri Mulyani.

Melihat hal tersebut, netizen di Instagram di Sri Mulyani ikut ramai berkomentar. Banyak di antara mereka yang berpendapat bahwa tiga menteri tersebut memang ingin menunjukkan secara tersirat firasat mereka soal hasil pemilu 2024. Ada juga yang berpendapat bahwa itu hanya kebetulan dan tak perlu dilebih-lebihkan.

Baca juga : 6 TPS di Labuan Bajo NTT Berpotensi Lakukan Pemungutan Suara Ulang

“Emangnya JKW aja bs pake gesture baju? Ya Ibu jg bisa dunk dan bu Retno jg sama.. lawan cawe2an,” ujar akun @igomozart.

“Outfit =politik simbol,” ujar akun @aditiyabagas46.

“Saya ingat betul bu Sri bilang..jangan pilih pemimpin yg emosian,” ujar akun @yulianaparamayana.

Baca juga : Kawal TPS! Cak Imin Sebut DPT Pemilu Bisa Dimanipulasi

Sementara itu, hasil penghitungan suara beberapa lembaga survei menyebutkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin perolehan angka. Sementara di posisi kedua ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, diikuti pasangan Ganjar Prabowo-Mahfud MD.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat