visitaaponce.com

Suara Tiga Parpol Koalisi Anies Baswedan-Cak Imin Solid di Pemilu 2024

Suara Tiga Parpol Koalisi Anies Baswedan-Cak Imin Solid di Pemilu 2024
Pemilihan umum di Banjar Teba, Jimbaran, Bali, Rabu 14 Februari 2024.(AFP/Sonny Tumbelaka)

GURU besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Andi Faisal Bakti menilai suara tiga partai politik koalisi pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar cukup solid di Pemilu 2024. Menurutnya, narasi perubahan dalam kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 itu cukup mendapat dukungan signifikan dari masyarakat.

Andi menjelaskan, pendukung fanatik Anies-Muhaiman terutama dari Partai NasDem, PKB dan PKS solid kurang lebih menyumbangkan 10% suara.

"Itu bacaan saya. Dan pendukung Anies yang pro rakyat dan pro perubahan itu kurang lebih juga 11% sampai 12%. Nah itu lah yang mencukupkan jadi 26% hingga 27%," kata Direktur Center for Information and Development Studies Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (CIDES ICMI) itu saat dihubungi.

Baca juga : Relawan Perubahan Anies-Cak Imin dari Klaten Berangkat ke JIS Jakarta

Selain itu, kata dia, dukungan Anies juga datang dari kelompok pendukung Prabowo pada Pilpres 2019 yang kecewa atas sikap Menteri Pertahanan itu gabung ke pemerintahan Jokowi.

"Kecewa dengan Prabowo yang dianggap meninggalkan konstituen terutama kelompok yang anti Jokowi. Kemudian kelompok itu, ketika Gibran masuk (jadi cawapres Prabowo) menjauh sehingga pindah ke Anies. Itu yang menjelaskan kenapa Anies ini bertambah mendahului Ganjar, yang awal survei Ganjar nomor dua, laku sekarang Anies kedua," jelasnya. (Mal/Z-7)

Baca juga : KPU Segera Undang Parpol Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat