visitaaponce.com

Anies Baswedan Hormati Sikap PDIP untuk Jadi Oposisi

Anies Baswedan Hormati Sikap PDIP untuk Jadi Oposisi
Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan.(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez )

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menghormati sikap PDIP bila ingin menjadi partai oposisi pada pemerintahan berikutnya. Menurut Anies, sikap itu sah-sah saja disampaikan sembari menunggu hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Baik. Jadi itu sikap yang harus dihormati dan sambil kita menunggu hasil selesai penghitungan seperti apa," kata Anies di Masjid Agung Al-Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 16 Februari 2024.

Di sisi lain, Anies juga menekankan bahwa saat ini penting untuk menanti hasil resmi KPU. Hasilnya bisa diterima dengan baik oleh semua pihak ketika dilakukan dengan jujur dan adil.

Baca juga : Anies Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke PDIP

"Karena itu pastikan prosesnya berjalan dengan baik dan bila ada kekurangan-kekurangan laporan, baik itu ke bawaslu maupun ke tim hukum masing-masing," ujar Anies.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan PDIP siap di barisan oposisi. Menurut dia, hal ini penting untuk memastikan adanya keseimbangan ketika muncul kewenangan negara.

"Berkaca pada periode kedua pemerintahan Jokowi, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi, sehingga kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis, 15 Februari 2024.

Baca juga : PDIP Nilai KPU Langgar Aturan Soal Pendaftaran Capres-Cawapres

Ia menyebut posisi berada di luar pemerintahan sudah pernah dijalankan PDI Perjuangan. Hal ini pascapemilu 2004 dan Pemilu 2009.

"Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” ucap Hasto. (Z-7)

Baca juga : Duet Ganjar-Anies Tidak Logis, PDIP Disarankan Pilih Sandiaga

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat