visitaaponce.com

Suara PSI Melonjak di Situs Real Count, Ini Respon KPU

Suara PSI Melonjak di Situs Real Count, Ini Respon KPU
Gedung KPU RI di Jakarta.(Dok. MI/Susanto)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) membantah adanya intervensi kekuasaan yang melibatkan pihaknya dalam data yang ditampilkan situs real count KPU. Diketahui, terjadi lonjakan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Tanpa tedeng aling-aling, suara sementara PSI di tingkat nasional melesat dalam enam hari terakhir. Partai yang dipimpin anak bungsu Presiden Joko Widodo itu mendulang nyaris 400 ribu suara dalam waktu sangat cepat. 

Hingga Sabtu (2/3), total suara PSI sudah mencapai 3,13%, mendekati ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar empat persen.

Baca juga : Real Count KPU: Suara PDIP di Depok Merosot, PSI Meroket

Menanggapi itu, Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan bahwa hasil Pemilu 2024 akan disahkan oleh KPU berdasarkan rekapitulasi berjenjang, bukan data yang ditampilkan dalam situs real count KPU.

“Proses penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi perolehan suara peserta pemilu dilakukan secara terbuka oleh KPPS, PPK, KPU Kab/Kota dan KPU Provinsi serta KPU RI,” ungkap Idham kepada Media Indonesia, Minggu (3/3).

“Tidak hanya saksi peserta pemilu yang menghadiri proses tersebut, tetapi juga Bawaslu dan pemantau terdaftar serta jurnalis media yang dapat meliput kegiatan tersebut,” tambahnya.

Baca juga : KPU-Bawaslu harus Bongkar Dugaan Operasi Senyap yang Dongkrak Suara PSI

Idham membeberkan UU Pemilu telah mengatur bagaimana penanganan dugaan pelanggaran dalam Pemilu. Salurannya atau mekanisme penyelesaian atas dugaan tersebut telah disediakan oleh UU Pemilu.

Idham mengaku sampai saat ini sudah ada 65,75% TPS untuk Pemilu Anggota DPR yang datanya sudah diunggah ke Sirekap. Ia mengatakan data tersebut menampilkan foto formulir model C.Hasil plano yang dapat dicek atau diverifikasi.

Namun, Idham tidak menjawab secara detail ihwal adanya anomali data antara fakta di lapangan dengan data yang tercantum dalam situs real count.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat