visitaaponce.com

TPN Ganjar-Mahfud Curigai Sirekap Sengaja Dibuat untuk Manipulasi Suara

TPN Ganjar-Mahfud Curigai Sirekap Sengaja Dibuat untuk Manipulasi Suara
Ilustrasi(MI)

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim, buka suara terkait berubahnya tampilan Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap). Diketahui sejak Selasa (5/3) malam, tampilan Sirekap tidak lagi menyuguhkan grafik tabulasi perolehan suara.

Chico menilai terlalu banyak gimik, kontroversi dan masalah yang datang dari Sirekap. Saking banyaknya masalah yang muncul, Chico menduga sistem tersebut sengaja dibuat untuk memanipulasi suara. Ia mengatakan pihaknya sangat khawatir dengan hasil penghitungan suara di pemilu, terutama pilpres tahun ini.

“Sirekap ini memang banyak sekali masalah. Ini cukup menghawatirkan, terutama dalam menyikapi hasil dari penghitungan di pemilu tahun ini. Jadi benar-benar ya, Sirekap ini dibuat untuk semacam mengelabui atau memberi ruang untuk melakukan kecurangan? Ini yang masih jadi pertanyaan,” kata Chico kepada Media Indonesia, Rabu (6/3).

Baca juga : Banyak Anomali Hitung Suara, KPU Disebut tidak Profesional

Tampilan Sirekap yang tiba-tiba berubah tanpa pemberitahuan, kata Chico, hanya salah satu dari sekian banyak masalah yang datang dari Sirekap dan KPU. Dia hanya berharap kejanggalan-kejanggalan yang ada diusut dengan tuntas.

“Ini harus diselesaikan segera. Ini menjadi sumber masalah dan menimbulkan kontroversi dan polemik di masyarakat. Terkait hilangnya grafik ini hanya salah satu dari sekian banyak masalah yang terjadi di Sirekap,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, website KPU pemilu2024.kpu.go.id sudah tidak lagi menampilkan gambar diagram perolehan suara. Jumlah suara pasangan calon (paslon) termasuk presentasenya juga tidak lagi terlihat. Tidak hanya itu, informasi terkait jumlah suara pada tempat pemungutan suara (TPS) yang telah diinput dari Form C hasil juga tidak lagi diperlihatkan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat