visitaaponce.com

Raih 1,7 Juta Suara, Anies Baswedan-Cak Imin Menang di Sumbar

Raih 1,7 Juta Suara, Anies Baswedan-Cak Imin Menang di Sumbar
Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).(Dok. AFP/Ismoyo)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) unggul di Sumatra Barat (Sumbar). Pasangan nomor urut 01 itu meraih 1.744.042 suara. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional serta penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024. 

Posisi kedua ditempati pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mendapatkan 1.217.314 suara. Sedangkan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 124.044 suara.

Baca juga : Timnas Amin Sebut Real Count KPU Aneh, Suara Anies-Cak Imin 13 Juta Mendadak Turun Jadi 9 Juta

Sementara itu, jumlah pengguna hak pilih sebanyak 3.128.346 pemilih sesuai dengan jumlah surat suara sah dan tidak sah. Dengan rincian, jumlah surat suara sah ada 3.085.400 dan surat suara tidak sah sebanyak 42.946.

Kemudian data hasil rekapitulasi ini disahkan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari. "Demikian pembacaan rekapitulasi untuk pemilu presiden dan wakil presiden Provinsi Sumatra Barat, bisa kita sahkan ya, bismillah sah," ujar Hasyim.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat