visitaaponce.com

Antisipasi Kepadatan, Kapolri Imbau Pemudik Istirahat di Rest Area Hanya 30 Menit

Antisipasi Kepadatan, Kapolri Imbau Pemudik Istirahat di Rest Area Hanya 30 Menit
Kapolri, Panglima TNI, dan Menhub Tinjau Kesiapan Layanan Mudik Terminal Purabaya(MI/Heri Susetyo)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi penumpukan di rest area selama momen mudik Lebaran tahun ini. Ia mengimbau kepada para pemudik untuk beristirahat di rest area maksimal 30 menit.

"Kita sarankan memang rest area kita batasi, nggak boleh lama setengah jam saja," kata Sigit kepada wartawan, Sabtu (6/4).

Sigit menjelaskan, pemudik yang ingin beristirahat tapi rest area telah penuh bisa beralih ke jalur arteri. Ia menyebut, di jalur arteri pun telah tersedia sejumlah titik untuk pemudik beristirahat.

Baca juga : Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Kesiapan Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

"Kalau ada masyarakat yang kemudian ingin tetap beristirahat namun rest area-nya sudah penuh, kita sarankan untuk bisa keluar, masuk jalur arteri. Karena di jalur arteri juga banyak tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan untuk beristirahat sebentar, mungkin macam kuliner dan sebagainya," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan mendirikan pos pelayanan di sejumlah rest area yang kerap menjadi primadona pemudik beristirahat. Ia menyebut, anggota kepolisian di lokasi akan mengatur arus masuk kendaraan agar tidak terjadi penumpukan di rest area.

"Sementara untuk di rest area sendiri bagi yang sudah penuh, mobilnya akan diberikan tanda dan ada angkutan di depannya yang kemudian memberikan kesempatan untuk memberikan rest area ke tempat lain sambil kita atur kondisi keluar masuknya di dalam rest area sendiri," jelasnya. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat