visitaaponce.com

AHY Berharap Koalisinya Berlangsung Stabil

AHY Berharap Koalisinya Berlangsung Stabil
AHY berbincang dengan Wakil Presiden 2024 terpilih Gibran Rakabuming Raka(Antara)

KETUA Umum Partai Demokrat 2020-2025 Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pihaknya berharap pada stabilitas koalisi dari awal hingga akhir. Pernyataan tersebut ia ungkapkan pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024

"Demokrat berkomitmen ingin turut mengawal pemerintah termasuk koalisi ke depan agar kompak, solid, dan efektif bekerja untuk rakyat. Semua punya peran dan nilai yang harus diperhitungkan," kata kata AHY di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4).

Terkait koalisi, sejak awal, kata AHY, dia menyerahkannya kepada Prabowo, sebagai Presiden Terpilih sekaligus pemimpin koalisi. Dalam membangun koalisi tentu ada berbagai pertimbangan dan faktor.

Baca juga : PDIP Respons Rencana Prabowo Subianto Bentuk Koalisi Jumbo

"Kami ingin secara alami, koalisinya kuat di pemerintahan dan parlemen. Karena kita ingin menghadirkan kebijakan-kebijakan dan program-program yang perlu mendapatkan dukungan penuh dari parlemen. Oleh karena itu ada hitung-hitungannya, dalam arti berapa kekuatan yang kita butuhkan untuk koalisi yang solid," kata AHY.

Dia meyakini bahwa Prabowo memiliki perhitungan yang baik. Pada prinsipnya Demokrat akan memberikan dukungan dengan diskusi yang baik, dimana Prabowo menurutnya selalu membuka ruang diskusi.

"Saya hanya mengatakan kepada beliau, memimpin koalisi tentunya mempunyai pertimbangan-pertimbangan. Yang penting nanti sebelum mengambil keputusan, kami bisa diajak diskusi dengan baik untuk bisa memberikan feedback, paling tidak saling mendengarkan masukan dari partai-partai politik pengusung beliau," kata AHY.

Baca juga : Prabowo Subianto Berencana Bentuk Koalisi Jumbo, DPR akan Tumpul

AHY mengatakan tidak ingin menduga isi benak Prabowo terkait perhitungan partai yang akan diajak dalam koalisi, namun dia katakan bisa saja Prabowo telah memiliki bayangan secara umum. Tapi dia meminta semua menunggu keputusan finalnya.

Dia menyampaikan dalam politik semua menjadi serba mungkin, tetapi bisa terlihat indikasi-indikasinya.

"Oleh karena itu menarik minggu-minggu dan bulan-bulan ke depan ini. Waktunya masih cukup untuk bisa saling bermanuver dalam arti yang positif, untuk menyiapkan pemerintahan yang andal dan koalisi yang kuat, solid, artinya jangan sampai terkesan besar tetapi keropos," kata AHY. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat