visitaaponce.com

Prabowo Subianto Berencana Bentuk Koalisi Jumbo, DPR akan Tumpul

Prabowo Subianto Berencana Bentuk Koalisi Jumbo, DPR akan Tumpul
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) dan Menhan Prabowo Subianto (kanan)(Antara)

PENELITI Senior Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN Lili Romli menyebut DPR RI akan tumpul jika rencana Prabowo Subianto bentuk koalisi jumbo terealisasi.

Diketahui, rencana pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk merangkul rival politiknya dinilai berpotensi merusak demokrasi.

“Memang terlihat dengan pertemuan dan rencana beberapa ketua umum partai, presiden terpilih ingin merangkul dan membentuk koalisi jumbo. Mestinya tidak harus merangkul semua partai utama masuk dalam pemerintahan,” ungkap Lili kepada Media Indonesia, Selasa (2/4).

Baca juga : Kekuatan Parpol Pendukung Pemerintah Masih Lemah dari Kekuatan Oposisi

Jika semua partai utama dirangkul masuk pemerintahan, kata Lili, sudah dapat dipastikan mekanisme check and balances tidak akan berjalan.

Lili menegaskan DPR akan tumpul dan tidak akan berjalan debgan baik dan efektif fungsi kontrolnya.

“Alih-alih DPR hanya sebagai lembaga stempel saja, lembaga yes men, sebagai alat legitimasi dalam setiap kebijakan tanpa ada penolakan dan kritik yang signifikan,” ungkapnya.

Baca juga : Ada Wacana Koalisi Besar Pemerintah, Mahfud MD: Tetap Ada Peluang Oposisi

Jika wajah DPR seperti itu, masa depan demokrasi tidak menentu, bahkan bisa menjadi pintu masuk rezim otoritarian,” tambahnya.

Untuk mencegah hal itu jangan terjadi, Lili menerangkan sebaiknya partai-partai yang kalah dalam pilpres mengambil posisi sebagai oposisi agar ada penyeimbang dan pengawasan.

Lili juga berharap kekuatan civll society harus solid dan terus melakukan kontrol agar demokrasi di Indonesia tetap tegak serta tidak kembali ke rezim otoritarian seperti masa orde baru. (YkbZ-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat