visitaaponce.com

Nama 3 Tokoh Ini Dianggap jadi Saingan Anies Baswedan

Nama 3 Tokoh Ini Dianggap jadi Saingan Anies Baswedan
Anies Baswedan(MI/Usman Iskandar)

PERSAINGAN yang seimbang bagi Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 dianggap sulit untuk diprediksi. Namun, beberapa nama yang mencuat dianggap cukup berpotensi menjadi lawan serius bagi Anies.

"Namun, dari beberapa nama yang beredar, ada tiga nama yang dianggap cukup kuat untuk bersaing dengan Anies, yaitu Basuki Tjahhaja Purnama (Ahok), Ridwan Kamil, dan Tri Rismaharini," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga, saat dihubungi, Kamis (23/5).

Menurut Jamiluddin, ketiga tokoh tersebut memiliki popularitas dan kapabilitas yang mumpuni. Elektabilitas mereka juga cukup kuat.

Baca juga : Faktor Petahana Jadi Kunci Pembentukan Koalisi Paslon di Pilkada

Anies juga harus memilih pasangan yang tepat. Mardani Ali Sera, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), atau Ida Fauziyah, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), merupakan sosok yang harus dipertimbangkan oleh Anies.

"Jadi, Anies harus memilih pasangan yang memiliki kapabilitas untuk bisa bersaing dengan lawan-lawannya seperti Ahok dan Ridwan. Jika tidak, Anies berisiko kalah dalam Pilgub Jakarta 2024," kata Jamiluddin.

Ida dianggap cocok mendampingi Anies karena memiliki modal sosial dan politik yang kuat. Karena itu, menurut Jamiluddin, Ida memiliki peluang untuk meningkatkan elektabilitas dirinya dan Anies.

Baca juga : SMRC: Duet GP-RK Unggul atas Prabowo-ET

Sementara itu, Mardani juga memiliki popularitas yang baik dan didukung oleh PKS yang memiliki basis politik yang kuat di Jakarta.

"Karena itu, Mardani juga berpotensi untuk meningkatkan elektabilitas dirinya dan Anies. Namun, tampaknya modal ekonomi Mardani tidak sebaik Ida Fauziyah," ujar Jamiluddin.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan akan mempertimbangkan permintaan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) untuk maju dalam Pilkada Jakarta. Anies juga mengungkapkan telah menerima undangan dari beberapa partai politik untuk membicarakan tentang Pilkada 2024.

"Memang saya mendapatkan undangan dari beberapa partai politik, diminta untuk menjadi calon gubernur. Saat ini, saya sedang mempertimbangkan apakah akan kembali atau tidak, sedang dalam tahap pertimbangan," ujar Anies pada Minggu, 19 Mei 2024. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat