visitaaponce.com

Mendalami Makna Persatuan dalam Sila Ketiga Pancasila

Mendalami Makna Persatuan dalam Sila Ketiga Pancasila
Ilustrasi - Lambang pohon beringin melambangkan kekokohan dan kekuatan Indonesia dalam melindungi seluruh rakyatnya. (Antara)

INDONESIA terdiri dari 17 ribu pulau dan beragam suku. Semua perbedaan itu disatukan dalam Sila Ketiga Pancasila

Sila Ketiga berbunyi 'Persatuan Indonesia'. Persatuan berasal dari kata satu yang berarti ke seluruhan atau utuh.  

Persatuan menjadi pondasi dari Indonesia yang kuat menghadapi berbagai tantangan. Layaknya semboyan yang negara 'Bhinneka Tunggal Ika' yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua. Di mana Indonesia memiliki banyak perbedaan, tapi tetap memegang nilai-nilai persatuan dan kesatuan. 

Baca juga : Menghidupkan Nilai Kemanusiaan dalam Sila Kedua Pancasila

Makna Sila Ketiga Pancasila 

Sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia adalah upaya menjaga persatuan dan kesatuan negara yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, budaya, dan agama. 

Sila yang dilambangkan pohon beringin ini melambangkan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang kokoh, agung, dan mempunyai kekuatan untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia. 

Berikut makna dari sila ketiga pancasila: 

Baca juga : Arti Lambang Pohon Beringin di Sila Ketiga Pancasila

1. Persatuan bangsa 

Makna dari sila ketiga ini mencakup keputusan yang dilaksanakan secara bersama-sama. Tujuan hidup berdampingan ini adalah untuk membangun persatuan bangsa dan terbebas dari segala bentuk konflik sosial 

2. Menciptakan dan mempertahankan kedaulatan 

Tujuan dari sistem pengamalan dan penerapan Pancasila, khususnya sila ketiga, untuk menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap komponen bangsa dan budaya Indonesia. Perwujudan sikap tersebut bertujuan menjaga keutuhan kearifan lokal yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia. 

3. Kebersamaan 

Makna hakiki sila ketiga Pancasila adalah memberikan seperangkat jaminan kerja sama yang baik dan erat dalam kehidupan bermasyarakat. Tindakan tersebut dapat dicapai dengan menjaga sikap solidaritas, gotong royong, dan saling membantu antar individu dalam masyarakat.

Baca juga : Makna dan Pengamalan Sila Pertama Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Kepentingan pribadi dan kelompok 

Makna lainnya ialah selaku individu kita harus ikhlas mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Pengamalan Sila Ketiga dalam Keseharian

Warga negara Indonesia harus mengutamakan persatuan, kesatuan, dan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individu atau golongan. 

Di samping itu rasa cinta Tanah Air, melaksanakan azaz Bhinneka Tungal Ika, dan menjaga kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. 

Di bawah ini contoh penerapan sila ketiga Pancasila: 

  1. Selalu menjaga keharmonisan dengan anggota keluarga lainnya di rumah. 
  2. Mewakili sekolah saat berpartisipasi dalam kompetisi atau acara tertentu. 
  3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti masyarakat di lingkungan RT/RW. 
  4. Berupaya mencapai hasil atau prestasi yang bisa membanggakan bangsa Indonesia, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan kreativitas dan inovasi diri untuk membangun bangsa Indonesia, serta perluas hubungan dengan orang-orang baru dari berbagai daerah.

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat