visitaaponce.com

Mewujudkan Keadilan Sosial, Esensi Sila Kelima Pancasila

Mewujudkan Keadilan Sosial, Esensi Sila Kelima Pancasila
Ilustrasi - Pancasila(Antara)

PENTING bagi masyarakat Indonesia memahami makna sila kelima Pancasila. Sila ini mengutamakan keadilan sosial dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia. 

Sila kelima berbunyi 'Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia'. Sila ini memiliki lambang padi dan kapas. 

Simbol padi dan kapas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran, yang dimana setiap warga Indonesia berhak atas pangan dan sandang secara adil dan setara tanpa dibeda-bedakan. Karena, terpenuhinya pangan dan sandang merupakan syarat suatu negara dianggap sejahtera.

Baca juga : Menghidupkan Nilai Kemanusiaan dalam Sila Kedua Pancasila

Untuk lebih memahami seluruh gagasan yang terkandung dalam sila ke-5, berikut beberapa poin yang menjelaskan makna dari sila ke-5 Pancasila.

Makna Sila Kelima Pancasila

1. Keadilan 

Makna terbaik dari landasan Pancasila pada sila kelima adalah keadilan harus menjadi hak seluruh warga negara Indonesia. 

Misalnya, menurut undang-undang, semua masyarakat mempunyai hak yang sama dalam proses hukum. 

Baca juga : Musyawarah dan Mufakat: Esensi Sila Keempat Pancasila

2. Adil 

Makna sila kelima Pancasila selanjutnya adalah proses pengembangan sikap adil dalam masyarakat yang merupakan unsur naluri dalam membangun perdamaian dalam masyarakat Indonesia. Yang dimaksud dengan adil disini adalah serangkaian tindakan yang memposisikan sesuatu menurut kedudukan atau bagiannya. 

3. Hak dan kewajiban 

Hak dan kewajiban adalah adanya wujud keseimbangan, keselarasan, dan keserasian hak dan kewajiban dalam masyarakat. 

Contoh hak dan kewajiban warga negara dalam hal ini adalah menjaga kedaulatan Indonesia dengan menanamkan semangat nasionalisme. 

Baca juga : Mendalami Makna Persatuan dalam Sila Ketiga Pancasila

4. Kesejahteraan 

Indonesia didirikan untuk memajukan kesejahteraan jasmani dan rohani bangsa Indonesia. Misalnya, menjamin seluruh warga negara mempunyai akses terhadap pendidikan, pekerjaan, dan penghidupan yang layak, bermartabat, dan berkeadilan.

Pengamalan Sila Kelima Dalam Keseharian

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan sila kelima yang artinya seluruh masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama di mata negara. 

Sila kelima meliputi nilai-nilai gotong royong, kekeluargaan, saling menghormati hak dan kewajiban satu sama lain, saling membantu, tidak memanfaatkan hak dan keistimewaan untuk merugikan orang lain, dan saling menghargai. 

Di bawah ini contoh pengamalan sila kelima Pancasila: 

  1. Bersikap adil terhadap teman, apapun agama, suku, dan lain-lain. 
  2. Menghargai karya orang lain. 
  3. Memberikan bantuan pada teman yang membutuhkan. 
  4. Tingkatkan kepedulian sosial dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi sesama, seperti pengabdian masyarakat, donor darah, konser amal, dan lain sebagainya.
  5. Berusaha bersikap adil terhadap semua pekerjaan yang kita lakukan dan terhadap semua orang yang berinteraksi dengan kita. Jangan sampai kita memperlakukan siapapun dengan tidak adil.
  6. Berjuang dengan berani demi keadilan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, dan bantu orang lain  memperjuangkan keadilan

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat