visitaaponce.com

Pencekalan Firli Bahuri Diperpanjang

Pencekalan Firli Bahuri Diperpanjang
Eks Ketua KPK Firli Bahuri(MI/ADAM DWI)

POLDA Metro Jaya memastikan telah memperpanjang pencekalan eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ke luar negeri. Meski demikian polisi tidak menyebut hingga kapan pencegahan itu dilakukan.

"Nanti kita update, yang jelas sudah diperpanjang," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan dikutip Sabtu (22/6).

Ade menekankan yang terpenting perpanjangan pencegahan ke luar negeri telah dilakukan. Eks Kapolresta Surakarta ini memastikan Firli Bahuri tidak meninggalkan Tanah Air.

Baca juga : Firli Bahuri Dicekal Selama 20 Hari untuk Penyidikan

"Sudah dilakukan semua (perpanjangan pencegahan ke luar negeri), kita pastikan untuk tersangka masih berada di Indonesia," ungkap mantan Kasatlantas Polresta Solo itu.

Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis, 23 November 2023. Dia dijerat Pasal 12 huruf e atau Pasal 12 huruf B, atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup.

Kini, Polda Metro Jaya masih melengkapi berkas perkara Firli yang dikembalikan dua kali oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Firli dilimpahkan ke Kejaksaan untuk disidang bila berkas itu dinyatakan lengkap oleh JPU. (Yon/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat