visitaaponce.com

Pengamat Baiknya Anies Dipasangkan dengan Sosok Nasionalis di Pilkada Jakarta

Pengamat: Baiknya Anies Dipasangkan dengan Sosok Nasionalis di Pilkada Jakarta
Anies Baswedan disambut para kader PKB saat tiba di Kantor DPW DKI Jakarta(MI/Usman Iskandar)

PEMASANGAN Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta dinilai kurang meningkatkan suara pemilih. Pengamat politik dan kebijakan publik Ray Rangkuti mengatakan baiknya Anies Baswedan dipasangkan dengan sosok nasionalis agar suara pemilih dapat bertambah.

"AMAN (Anies-Iman) itu seperti jalan di rumah sendiri. Anies itu pemilihnya orang PKS. Idola warga PKS ya Anies. Jadi kalau dipasangkan dengan orang PKS, itu sama jalan di rumah sendiri. Saya kira harus diperhatikan betul AMAN ini," kata Ray di Jakarta Pusat, Rabu (27/6)

"Saya kira pasangan AMAN ini tidak 'aman' di Jakarta. Potensi mereka tidak melebar, mereka menutup diri justru. Dengan memasangkan Anies dan Iman, itu artinya memasangkan dua orang yg bersaudara. Sulit," tambanya.

Baca juga : Anies Dipasangkan dengan Sohibul, PKB: Bisa Menutup Pintu Partai Lain

Ray mengatakan masyarakat Jakarta ingin ada sosok pemimpin yang mencerminkan pluralitas. Karena itu, baiknya Anies dapat dipasangkan oleh sosok yang di luar dari tokoh agamis.

Masyarakat jakarta menginginkan warna plural. Nasionalis agamis misalnya. Istilah saya itu sama saja mereka berkeliling di rumah sendiri. Potensinya saya kira (menjaring suara) di bawah 50 persen. PKS sendiri membutuhkan keteguhan dari partai lain," jelas Ray.

Setidaknya, PKS butuh empat kursi lagi untuk mendorong Anies jadi calon Gubernur Jakarta. Ray menyampaikan perlu ada negosiasi lebuh lanjut untuk memutuskan siapa calon wakil terbaik yang akan mendampingi Anies.

"Hari ini saya dengar melalui Instagram Anies akan mengomunikasikan pencalonan PKS ini. Bahasa saya sih bukan mengomunikasikan, dalam pengertian Anies mencari kekuatan politik yang memungkinkan untuk membatalkan ketetapan ini," ucap Ray.

Karena tidak strategis bagi Anies. Kalau Anies dipasangkan dengan Iman, ini pasangan AMAN yang tidak aman. Karena mereka mutar di rumah sendiri," pungkasnya. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat