visitaaponce.com

Kemenpan RB Selamat dari Serangan Ransomware karena belum Unggah Data ke PDNS

Kemenpan RB Selamat dari Serangan Ransomware karena belum Unggah Data ke PDNS
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas (kiri)(ANTARA/Aditya Pradana Putra)

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengaku belum menempatkan data instansinya ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Saat ini, data Kemepan RB dipastikan aman.

"Belum kita (tempatkan di PDNS) masih di tempat yang berbeda," ujar Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6).

Azwar tidak membeberkan alasan kementerianya tidak menggunakan PDNS. Ia hanya menyebut telah memiliki sistem pencandangan atau back up data.

Baca juga : Ini Cara Agar Anda Terhindar dari Ransomware

"(Kita) ada backup data," jelasnya.

Di samping itu, ia menilai Indonesia perlu meniru sejumlah negara dalam mengelola pusat data. Seperti di Kanada dan India yang memiliki unit khusus dalam mengelola data nasional.

"Saya menyampaikan benchmark di berbagai negara, bagaimana tata kelola Pengelolaan Pusat Data Nasional kita, ada di Kanada, India, dan berbagai negara, ternyata ada unit khusus yang secara tata kelola kelembagaan mengurus ini," jelasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat