visitaaponce.com

Ramadan 2023, Al Markaz Siapkan 3 Imam Tarawih Qari Internasional

MASJID Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia Timur. Untuk Ramadan 1444 Hijriah kali ini, masjid tersebut menyiapkan tiga imam salat tarawih penghafal Al-Qur'an (hafiz) atau qari internasional.

Pengurus masjid yang diinisiasi Wakil Presiden RI X dan XII, Jusuf Kalla itu menyebutkan, tiga orang yang menjadi imam salat itu dibagi tiga, masing-masing 10 hari menjadi imam.

Ketiga qori internasional yang menjadi imam shalat tarawih adalah Al Hafiz Salahuddin, Al Hafiz Syahrul Habib, dan Al Hafiz Sadli Mustafa.

Baca juga : 10 masjid terima Nabawi Award dari ICMI Pusat

Rahma, pengurus Masjid Al Markaz mengungkapkan, imam tarawih di 10 hari pertama adalah Al Hafiz Salahuddin. Imam pertama ini akan membacakan 10 juz selama memimpin salat.

Lalu, imam tarawih dari hari ke 11 yaitu Syahrul Habib sampai hari ke 20 dan nanti hari ke 21 sampai hari terakhir itu diganti hafiz Sadli Mustafa.

"Program seperti ini, sudah dimulai di masjid Al Markaz selama 4 tahun belakangan karena kita juga mengikuti al haramain, artinya satu juz satu malam setiap shalat tarawih. Karena kan disini shalat tarawihnya ada yang 8 rakaat dan 20 rakaat," ungkap Rahma.

Baca juga : Jusuf Kalla Senang Tidak Ada Lagi Pembatasan Ibadah di Masjid

Menurutnya, Al Markaz juga menyiapkan sejumlah imam untuk menggelar salat. Selain tiga imam tarawih dari tiga qori internasional, ada juga empat imam salat wajib dan juga imam witir yang digelar dua kali.

Di Masjid Al Markaz sendiri, ada empat imam shalat wajib, yaitu Hasan Basri Ahmad, Masker Yusuf, Hasan Basri Arfa dan Mursidin Hamid.

"Bagi jemaah yang rutin melakukan ibadah di Al Markaz bisa tiga kali mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadan. Hal itu bisa terlaksana apabila jamaah tersebut mengikuti semua kegiatan ibadah di Al Markaz," seru Rahma.

Ia menambahkan, jamaah juga bisa khatam quran tiga kali dengan cara mengikuti tadarus setiap hari setelah shalat subuh, satu juz. Nanti sesudah shalat asar ada semaan quran satu juz (lanjut) dan kemudian saat salat tarawih imam bacakan satu juz," tutupnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat