visitaaponce.com

Doa Salat dan Tata Cara Tarawih

Doa Salat dan Tata Cara Tarawih
Doa sholat tarawih(Ilustrasi)

BULAN Ramadan menjadi periode istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain dikenal sebagai bulan yang penuh berkah, Ramadan juga identik dengan pelaksanaan ibadah khusus, seperti shalat tarawih atau salat tarawih.

Shalat atau salat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dijalankan secara berjamaah di malam hari selama bulan Ramadan. Dalam pelaksanaan ibadah ini, unsur niat, tata cara, dan doa memiliki peran sentral dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Niat menjadi kunci utama dalam menjalankan setiap ibadah, termasuk shalat atau salat tarawih. Niat shalat tarawih harus bersifat murni karena Allah SWT semata. Niat ini dapat disampaikan secara dalam hati, dilandasi oleh keikhlasan dan kesadaran penuh terhadap ibadah yang akan dilakukan.

Baca juga : Doa setelah Salat Tarawih dan Salat Witir

Bacaan niat shalat tarawih atau salat tarawih adalah sebagai berikut:

  • Niat untuk shalat tarawih sebagai makmum:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an ma'mūman lillāhi ta'ālā.

Artinya:

Baca juga : Masyarakat Penuhi Masjid At-Tin pada Tarawih Perdana

"Aku berniat melaksanakan shalat sunnah tarawih dua rakaat, menghadap kiblat, dan menjalankannya sebagai makmum karena Allah SWT."

  • Niat shalat tarawih secara infirad atau sendiri:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an lillāhi ta'ālā.

Baca juga : Doa-Doa yang Dipanjatkan saat Ramadan Hari Ke-1 sampai 30

"Aku berniat melaksanakan shalat sunnah tarawih dua rakaat, dengan berdiri sendiri, menghadap kiblat, sebagai bentuk ibadah yang ditujukan hanya kepada Allah SWT."

Tata Cara Sholat Tarawih:

  1. Wudhu: Sebelum memulai sholat Tarawih, sangat penting untuk melaksanakan wudhu agar ibadah yang dilakukan dianggap sah di hadapan Allah SWT.
  2. Berjamaah: Meskipun sholat Tarawih lebih baik dilakukan secara berjamaah di masjid atau tempat ibadah lainnya, namun, jika tidak memungkinkan, dapat dijalankan di rumah bersama keluarga.
  3. Jumlah Rakaat: Sholat Tarawih terdiri dari serangkaian rakaat, biasanya dilakukan dalam jumlah genap, seperti 8 rakaat atau 20 rakaat.
  4. Membaca Niat: Sebelum memulai sholat, hendaknya membaca niat dengan tulus di dalam hati, menyatakan kesengajaan untuk menjalankan sholat Tarawih.
  5. Rukun dan Sunnah: Mengikuti gerakan sholat dengan benar, termasuk pelaksanaan rukun dan sunnahnya, seperti takbiratul ihram, membaca doa iftitah, membaca ta'awudz, membaca surat Al-Fatihah, surat-surat pendek, ruku', i'tidal, berdiri untuk melakukan sujud, sujud, tahiyat, membaca dua kalimat sahadat, membaca shalawat Ibrahimi, dan diakhiri dengan salam. Tata cara tersebut diulang sebanyak 20 kali, dengan sepuluh kali salam.
  6. Sholat Witir 3 Rakaat: Sholat witir dilakukan setelah menyelesaikan sholat Tarawih. Niat sholat witir diucapkan dengan tulus di dalam hati sebelum memulai. 

    اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (إِمَامًا/مَأْمُوْمًا) لِلهِ تَعَالَى

    Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an (imaman/makmuman) lillâhi ta'âlâ. Artinya: menyatakan kesengajaan untuk menjalankan sholat witir tiga rakaat, menghadap kiblat, sebagai imam atau makmum, semata-mata karena Allah Ta'ala.

  7. Tilawah Al-Quran: Dalam sholat Tarawih, umumnya dilakukan membaca Al-Quran dengan bacaan yang panjang. Hal ini memperkaya ibadah dengan mendengarkan dan merenungkan ayat-ayat suci dari Al-Quran. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat