visitaaponce.com

Idul Fitri Berpotensi Bareng, Ini Kata Ketum PP Muhammadiyah

Idul Fitri Berpotensi Bareng, Ini Kata Ketum PP Muhammadiyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir memperkirakan perayaan Idul Fitri 2024 akan dirayakan bersamaan pada 10 April 2024. (MI/Widjajadi)

KETUA Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir memperkirakan perayaan Idul Fitri 2024 akan dirayakan bersamaan pada 10 April 2024. 

"Dari hasil kajian dan pengumpulan informasi, sama. Kemungkinan beda tipis," kata Haedar ditemui di Universitas Negeri Yogyakarta pada Kamis (21/3). 

Perbedaan perayaan Idul Fitri kerap terjadi antara Muhammadiyah dan Pemerintah. Termasuk perbedaan awal Ramadan tahun ini. Di mana Muhammadiyah memulai pada 11 Maret sementara pemerintah pada 12 Maret. 

Baca juga : Awal Ramadan 2024 Diprediksi Berbeda, Idul Fitri Bagaimana?

Lebaran Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 10 April 2024. Apabila nantinya lebaran bersamaan, Muhammadiyah menjalani puasa 30 hari dan versi pemerintah berpuasa 29 hari. 

Haedar mengungkapkan apapun itu kini tak perlu menjadi persoalan lebih. Poin penting yang disoroti yakni peran pemerintah dalam melindungi hak warganya. 

"Pemerintah selalu bisa mengayomi seluruh kekuatan seluruh umat beragama meskipun berbeda. Saya pikir masalah itu tak akan jadi problematik ketika pemerintah mengayomi semua pihak. Baik ketika sama, lebih-lebih ketika berbeda," ujarnya. 

Selain hal itu, Haedar juga menyebut Ramadan dan Idul Fitri harus menjadi sarana memperbaiki diri. 

"Baik (lebaran) sama maupun beda, kaum muslimin harus lebih menjadikan puasa dan Idul fitri mematangkan, mencerahkan pribadi, perilaku, sikap kita sehingga membawa pencerahan terhadap umat dan bangsa," jelasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat