visitaaponce.com

213 Kecelakaan Lalu Lintas Hari ini, 23 Orang Meninggal Dunia

213 Kecelakaan Lalu Lintas Hari ini, 23 Orang Meninggal Dunia
Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Raya Pantura, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (7/4/2024).(MI/Bilal Nugraha Ginanjar)

SEBANYAK 213 kecelakaan lalu lintas terjadi saat arus mudik Lebaran 2024 pada Minggu (7/4). Dari data yang ada, sebanyak 23 orang meninggal dunia dan ratusan lain luka-luka.

"Rinciannya ialah 23 orang meninggal dunia, 39 luka berat, dan 267 luka ringan. Kerugian materi sebesar Rp539.350.000," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Minggu (7/4).

Selain data kecelakaan hari ini, terdapat sejumlah penindakan pelanggar lalu lintas, seperti teguran langsung hingga tilang elektronik (etle). "Hari ini sebanyak 5.978 kejadian dengan rincian, 4.620 teguran, dan 1.358 tilang Etle," ujar Trunoyudo.

Baca juga : Contra Flow hingga One Way Mudik tidak hanya di Tol

Pihaknya juga tengah mengantisipasi lonjakan pemudik di ruas jalan tol hingga arteri saat masa mudik lebaran 2024 yang diperkirakan terjadi hari ini hingga besok. Polri juga mewanti-wanti para pemudik untuk beristirahat dengan cukup demi keselamatan saat berkendara.

"Menindaklanjuti yang telah disampaikan oleh Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) agar pelaksanaan mudik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar, kepada masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan roda 4 yang melintasi jalan tol kami mengimbau untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Apabila rest area penuh dapat keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat di beberapa titik," tuturnya.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak beristirahat di bahu jalan. Soalnya, lanjut Trunoyudo, hal tersebut bisa mengganggu arus lalu lintas dan membahayakan para pengendara.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak istirahat menggunakan bahu jalan karena akan membahayakan dirinya maupun orang lain serta menghambat perjalanan bagi calon pemudik lain. Disiplin dan taati segala peraturan dan ketertiban berlalu lintas karena keselamatan ialah yang paling utama sampai dengan tujuan," pungkasnya.

Kementerian Perhubungan memprediksi secara nasional puncak arus mudik terjadi pada H-2 Lebaran atau tepatnya pada Senin (8/4). Kemenhub memperkirakan sebanyak 26,6 juta pemudik akan melakukan pergerakan pada tanggal tersebut. Dari survei yang dilakukan Kemenhub, diprediksi ada 193 juta warga yang melakukan mudik di momen Lebaran tahun ini. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat