visitaaponce.com

Sempat Tertinggal Tiga Gol, Kamerun Juara Tiga Piala Afrika

Sempat Tertinggal Tiga Gol, Kamerun Juara Tiga Piala Afrika
Timnas Kamerun merayakan keberhasilan mereka menjadi juara ketiga Piala Afrika usai menang adu penalti atas Burkina Faso.(AFP/Kenzo TRIBOUILLARD )

TUAN rumah Kamerun keluar sebagai juara ketiga Piala Afrika usai bangkit dari ketertinggalan 3-0 melawan Burkina Faso untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan kemudian menang 5-3 di babak adu penalti, Minggu (6/2) dini hari WIB.

Ambroise Oyongo menjadi algojo pennetu kemenangan Kamerun di Yaounde setelah tim Indomitable Lions (singa yang gigih) membayar tunai kegagalan mereka dalam adu penalti di laga semifinal melawan Mesir, 48 jam sebelumnya.

Gol yang dicetak Steeve Yago dan Djibril Ouattara yang mengapit gol bunuh diri Andre Onana membuat Burkina Faso memimpin 3-0 hingga laga menyisakan 20 menit.

Baca juga : Mali Melaju ke Perempat Piala Afrika untuk Pertama Kali Sejak 2013

Stephane Bahoken memperkecil ketertinggalan Kamerun pada menit 71 sebelum pemain pengganti Vincent Aboubakar mencetak gol pada meniyt 85 dan 87 untuk memaksakan laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Pelatih kamerun melakukan smebilan perubahan dari skuatnya yang kalah adu penalti dari Mesir, dua hari sebelumnya.

pelatih Portugal itu hanya mepertahankan kiper Andre Onana dan gelandang Samuel Oum Gouet, yang mengisi posisi pencetak gol terbanyak Piala Afrika 2022 Aboubakar.

Baca juga : Kamerun Tersingkir dari Piala Afrika, Andre Onana Langsung Pulang ke Manchester United

Adapun pelatih Burkina Faso mengubah lima pemain dari tim yang kalah 3-1 di laga semifinal dari Senegal.

Kamerun dan Burkina Faso telah bertemu tiga kali di laga Piala Afrika dengan Kamerun menang dua kali, termasuk di peretamuan pertama Piala Afrika tahun ini dan sisanya berakhir imbang.

Ini merupakan laga perebutan tempat ketiga Piala Afrika ketiga bagi masing-masing tim dengan masing-masing tim membukukan satu kemenangan dan satu kekalahan.

Adapun laga final Piala Afrika, antara Senegal dan Mesir, yang mempertemukan dua ujung tombak Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane, akan digelar pada Senin (7/2) dini hari WIB. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat