visitaaponce.com

Skuad Garuda Incar Kemenangan Perdana di Piala AFF 2022

Skuad Garuda Incar Kemenangan Perdana di Piala AFF 2022
Timnas Indonesia melakukan sesi latihan jelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

TIM Nasional (timnas) sepak bola Indonesia bakal memulai perjalannya di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Kamboja. Skuad Garuda dijadwalkan melakoni pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (23/12).

Tekad besar dicanangkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada laga perdana besok. Juru taktik asal Korea Selatan itu pun meminta skuadnya tampil maksimal untuk dapat memetik kemenangan perdana besok.

"Saya ingin di pertandingan nanti (lawan Kamboja) kami mendapatkan kemenangan. Tapi kami juga tidak boeh meremehkan Kamboja, jadi kami harus benar-benar fokus. Saya yakin pertandingan besok kami bisa mendapatkan hasil yang baik," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Kamis (22/12).

Dijelaskan Shin, persiapan matang sudah dilakukan Skuad Garuda untuk mengarungi perjalanan di Piala AFF 2022. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sudah menggelar training camp (TC) di Bali kurang lebih 20 hari lamanya.

"Memang Piala AFF sudah mulai dari kemarin, tapi bagi kita ini adalah pertandingan perdana besok. Para pemain sudah mengakhiri TC selama di Bali hampir 20 hari dengan baik tanpa ada cedera," tuturnya

Kendati pada gelaran Piala AFF tahun ini Indonesia tidak diperkuat dua pemain naturalisasi mereka yakni Elkan Baggott dan Sandy Walsh, namun Shin tetap percaya para pemain yang ada dapat menampilkan yang terbaik.

"Hal yang disayangkan adalah Elkan dan Sandy tidak bisa bergabung. Tetapi dengan pemain yang saat ini dalam kondisi sangat baik, saya percaya para pemain bisa berjuang keras pada pertandingan pertama besok," tukasnya.

Baca juga: Kamboja Kritik Jadwal Piala AFF 2022

Sementara itu, Kapten tim Fachruddin menegaskan skuadnya akan berjuang untuk tampil maksimal pada laga besok. Dengan timnas Indonesia yang akan tampil di kandang, Fachruddin menyatakan tidak ada alasan untuk tidak siap 100%.

"Kita sudah melakukan training camp di Bali dan Alhamdulillah semua berjalan lancar. Besok kami siap memberikan yang terbaik. Ini laga home jadi nggak ada alasan buat kita gak siap 100 persen pada pertanidngan besok," kata Fachruddin.

Dengan skuad Garuda yang saat ini dihuni sejumlah para pemain naturalisasi serta pemain muda yang sarat pengalaman berlaga di level Internasional, Fachruddin berharap timnas Indonesia dapat meraih hasil yang lebih baik pada tahun ini dari edisi sebelumnya.

"Dari tahun terkahir kita tahu kami (timnas Indonesia) banyak dihuni pemain muda, lalu juga ada pemain naturalisasi dan banyak juga pemain yang sudah banyak pengalaman di ajang internasional. Dengan kondisi itu saya berharap tahun ini kita bisa lebih baik dari sebelumnya," tukas Fachruddin.

Dapat diketahui, pertandingan besok akan menjadi pertemian ke-18 kali bagi Indonesia dan Kamboja, dari jumlah pertemuan itu Indonesia memiliki catatan positif. Tim Merah-Putih tercatat belum pernah tumbang dari Kamboja dengan catatan 16 kali menang dan sekali imbang.

Terakhir kali Indonesia bersua Kamboja yakni pada gelaran Piala AFF 2020, saat itu skuad Garuda sukses memetik kemenangan 4-2. Rachmat Irianto (dua gol), Evan Dimas, dan Ramai Rumakiek menjadi penentu kemenangan Indonesia saat itu.

Satu-satunya hasil imbang yang diraih Indonesia saat melawan Kamboja pada 17 April 1997. Bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 1998, Indonesia seri 1-1 dengan Kamboja saat bermain tandang.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat