visitaaponce.com

Shin Tae-yong Harap Mental Tim U-20 Terasah di Piala Asia

Shin Tae-yong Harap Mental Tim U-20 Terasah di Piala Asia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan pengarahan.(Antara)

TIMNAS U-20 Indonesia masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah jelang menghadapi Piala Asia U-20 di Uzbekistan, yang disusul Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Tanah Air. 

Pelatih Shin Tae-yong pun berharap mental skuad Garuda Nusantara akan tertempa di Piala Asia dan semakin baik pada Piala Dunia. Adapun tim U-20 bakal terbang ke Uzbekistan pada 24 Februari mendatang. 

Pada ajang Piala Asia, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah. Persiapan dengan mini turnamen laga persahabatan melawan Fiji, Selandia Baru, dan Guetemala menjadi bahan evaluasi.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah Siap Topang PSSI

"Sejujurnya, fisik dan mental pemain kita masih dalam keadaan kurang. Setelah dari Uzbekistan nantinya pasti akan jadi lebih baik dan setelah Piala Asia akan diberikan materi latihan intensitas tinggi agar fisik dan mental menjadi matang," ungkap Shin, Rabu (22/2).

Pada ajang mini turnamen yang menjadi pemanasan, Garuda Nusantara menang atas Fiji 4-0, namun harus mengalami kekalahan 1-2 saat melawan Selandia Baru. Di laga terakhir Selasa (21/2) malam, Indonesia harus mengakui keunggulan Guatemala dengan 0-1. 

Satu-satunya gol pada laga tersebut dicetak Jorge Abelardo Solorzano Jr, yang memanfaatkan kesalahan pemain belakang tim U-20 Indonesia. Indonesia memiliki beberapa peluang. Dua di antaranya, kesempatan emas di muka gawang dari Arkhan Fikri, namun gagal. 

Hokky Caraka juga memiliki peluang bagus di babak kedua, namun meleset. Guatemala bahkan hanya bermain 10 orang di babak kedua, setelah salah seorang pemainnya diganjar kartu merah.

Baca juga: Laga Persib vs Arema FC Di Stadion Pakansari Tanpa Penonton

Shin menyebut skuadnya masih harus memperbaiki faktor kesalahan sendiri, agar lebih baik di Piala Asia dan Piala Dunia nanti. Penyelesaian akhir yang belum maksimal juga menjadi pekerjaan rumah. Shin menaruh harapan pemainnya bisa mendapat pengalaman berharga di Uzbekistan.

"Pertandingan ini (lawan Guatemala) memang sangat disayangkan, karena kesalahan kita sendiri. Para penggemar sepak bola Indonesia pasti merasa banyak peluang baik, tapi tidak bisa kita manfaatkan. Itu yang harus diperbaiki," pungkas dia.

Di Uzbekistan, Indonesia bakal bermain tanpa Marselino Ferdinan. Shin memastikan absennya Marselino karena klub barunya, KSMK Deinze, juga membutuhkannya. Lalu, baru akan melepas sang pemain pada 9 April mendatang.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat