visitaaponce.com

BNPT Pastikan Keamanan Stadion GBK Jelang Piala Dunia U-20

BNPT Pastikan Keamanan Stadion GBK Jelang Piala Dunia U-20
Stadion Utama Gelora Bung Karno(MI/Briyanbodo)

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan serangkaian langkah pengamanan di Jakarta khususnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sehubungan dengan diselenggarakannya Piala Dunia U-20 di Indonesia. SUGBK diketahui akan menjadi salah satu stadion yang digunakan dalam laga agenda olahraga tersebut.

Hal ini diungkapkan Deputi I Pencegahan, Perlindungan' dan Deradikalisasi BNPT Mayjen Nisan Setiadi usai menemui Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pertemuannya dengan Heru adalah untuk membahas pengamanan Kota Jakarta karena beberapa agenda internasional akan dihelat di Jakarta tahun ini selain Piala Dunia U-20 yakni Formula E serta pertemuan delegasi ASEAN.

Ia mengatakan, pihaknya bakal melakukan asesmen SUGBK untuk memastikan pertandingan bakal berlangsung lancar dan aman.

Baca juga: BNPT akan Asesmen Bangunan yang terkait Piala Dunia U-20

"Dalam waktu dekat kan untuk event FIFA U-20 kita minggu ini akan mengasesmen stadion GBK yang akan dipakai Piala Dunia, termasuk beberapa hotel yang akan ditempati mereka," ujar Nisan di Balai Kota, Selasa (28/3).

BNPT, lanjut Nisan, telah bekerja sama dengan Polri untuk asesmen tersebut. Ia memastikan pengelola stadion sudah turut memenuhi standars minimal sarana pengamanan untuk Piala Dunia U-20.

Baca juga: Piala Dunia U-20, JK Nilai Momentum Indonesia Bisa Ajak Israel dan Palestina ke Meja Perundingan

"Jadi mulai dari depan. Sarana dan prasarananya, CCTV dan lain sebagainya. Ada beberapa yang perlu diadakanlah untuk memenuhi persyaratan itu supaya jangan ada orang-orang yang bisa membuat situasi menjadi tidak aman," ungkapnya.

Ia pun menegaskan, pengamanan ini bukan terkait kedatangan Timnas U-20 Israel ke Indonesia untuk mengikuti ajang tersebut yang menuai polemil di masyarakat.

"Oh, enggak ada. Kita tetap mengharapkan Piala Dunia U-20 dilaksanakan di Indonesia," tuturnya.

Tidak hanya untuk Piala Dunia U-20, BNPT dalam waktu dekat juga akan melakukan asesmen terhadap venue penyelenggaraan Formula E dan lokasi pertemuan KTT ASEAN.

Nisan menambahkan tidak ada pesan khusus dari Heru terkait pengamanan Kota Jakarta.

"Umum saja. Jadi, kita akan melakukan asesmen tempat-tempat fasilitas publik, obyek vital strategis, maupun pusat keramaianlah supaya Jakarta aman, karena ini kan barometer, 'center of gravity'," imbuhnya.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat