visitaaponce.com

Mengenal Sumardji, Manajer Timnas yang Jadi Korban Pemukulan Official Thailand

Mengenal Sumardji, Manajer Timnas yang Jadi Korban Pemukulan Official Thailand
Manjajer Timnas U-22 Indonesia Sumardji(Bhayangkara FC)

Final cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023 yang mempertemukan Indonesia dan Thailand sempat diwarnai kericuhan. Aksi tidak sportif diperlihatkan sejumlah pemain dan official Thailand saat tim mereka tertinggal 3-2.

Manajer Timnas U-22 Indonesia Sumardji menjadi korban aksi anarkis di dalam stadion. Ia terlihat ditendang dan dipukul hingga jatuh ke tanah oleh official negara lawan. Ia pun terlihat mengalami luka pada bagian bibirnya.

Lantas, siapakah sosok Sumardji yang sering terlihat mendampingi pelatih Indra Sjafri di pinggir lapangan?

Seorang polisi

Pria kelahiran, Nganjuk, Jawa Timur, 12 Februari 1972 itu adalah seorang perwira menengah Polri yang hingga kini masih aktif. Ia merupakan lulusan Secapa Polri 2001 dan kini memiliki pangkat sebagai Komisaris Besar Polisi.

Baca juga: Asam Lambung Menpora Naik saat Tonton Timnas U-22 Vs Thailand

Sumardji pernah menduduki jabatan strategis, mulai dari Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Wadirpolairud Polda Metro Jaya, Kapolresta Sidoarjo (2020), Dirlantas Polda Bengkulu (2021) hingga Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Polri (2023).

Terjun ke sepak bola

Bagaimana seorang perwira Polri bisa terjun ke dunia sepak bola?

Sumardji mengawali karier manajerial sepak bola pada 2016 silam. Saat itu, dia ditunjuk sebagai Manajer Bhayangkara FC, tim sepak bola milik Polri yang bermain di Liga 1.

Baca juga: Jokowi: Timnas U-22 memang Punya Mental Juara

Prestasi

Di bawah kepemimpinannya, Bhayangkara FC berhasil menjadi juara Liga 1 di musim 2017. Atas prestasi tersebut, Sumardji mulai dilirik PSSI. Ia dipercaya menjadi manajer Timnas Indonesia dari berbagai usia mulai Timnas U-19, Timnas U-23, hingga Timnas Indonesia senior.

Hasilnya, Timnas U-22 Indonesia menjuarai Piala AFF 2019 di Vietnam. Sumardji juga punya andil besar dalam mengantarkan Timnas Indonesia sebagai runner up pada pesta olah raga SEA Games di Filipina 2019. Kini, ia berhasil membantu timnas U-22 menjuarai SEA Games 2023. (Z-11_

Tahun ini, ia juga terpilih sebagai anggota Exco PSSI periode 2023-2027 dan masih dipercaya sebagai Manajer Timnas Indonesia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat