visitaaponce.com

Manchester City Bergabung dengan Tujuh Klub Elite Peraih Treble Winner

Manchester City Bergabung dengan Tujuh Klub Elite Peraih Treble Winner
Para pemain Manchester City merayakan kemenangan di final Liga Champions(AFP)

Manchester City masuk ke jajaran tim elite Eropa yang berrhasil meraih treble winner. Status istimewa itu mereka raih setelah mengalahkan Inter Milan dalam laga final Liga Champions dan menjadi juara untuk musim 2022/2023.

Sebelum Manchester City, ada 7 klub Eropa yang lebih dulu berhasil menaklukan tiga kompetisi sekaligus dalam satu musim. Siapa saja mereka? Berikut daftar lengkapknya.

1. Celtic

Klub asal Skotlandia itu menjadi tim pertama yang berhasil meraih treble winner. Bahkan, saat itu, mereka menjuarai empat kompetisi, yaitu Piala Liga Skotlandia, Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, dan Liga Champions yang pada saat itu masih bernama Piala Champions.

Baca juga: Manchester City Juara Liga Champions

Torehan luar biasa itu terjadi pada musim 1966/1967. Di final Piala Champions, mereka menang 2-1 atas Inter Milan.

2. Ajax Amsterdam

Pada musim 1971/1972, klub elite Belanda, Ajax Amsterdam, merengkuh tiga trofi yaitu Liga Belanda, Piala Belanda dan Liga Champions. Saat itu, di final, mereka juga mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-0. Johan Cruyff adalah sosok utama dalam keberhasilan Ajax di musim tersebut.

3. PSV Eindhoven

Klub asal Negeri Tulip kembali berjaya. Pada musim 1987/1988, PSV Eindhoven yang diperkuat sejumlah pemain bintang di masanya, salah satunya Ronald Koeman, berhasil menjuarai tiga kompetisi, persis seperti yang dilakukan Ajax 17 tahun sebelumnya.

Di final Liga Champions, tim yang diasuh Guus Hiddink itu berhasil menumbangkan perlawanan Benfica melalui drama adu penalti.

4. Manchester United

Manchester United menjadi tim Inggris pertama yang menorehkan catatan treble winner. Itu terjadi pada musin 1998/1999. Saat itu Setan Merah diisi generasi emas seperti David Beckham, Ryan Giggs, Gary Neville, Ole Gunnar Solksjaer dan Peter Schmeichel.

Melawan Bayern Muenchen di laga final Liga Champions, anak-anak asuhan Sir Alex Ferguson menang dengan cara yang dramatis. Sempat tertinggal lebih dulu, Manchester United bisa membalikkan keadaan. Gol kemenangan bahkan diciptakan pada menit akhir pertandingan oleh Solskjaer.

5. Barcelona

Bukan satu kali, melainkan dua kali, Barcelona berhasil meraih treble winner. Dua catatan apik itu ditorehkan pada musim 2008/2009 dan 2014/2015.
Treble pertama diraih pada masa kepemimpinan Pep Guardiola. Sementara, treble kedua terjadi saat Luis Enrique memegang kendali. Lionel Messi memegang peran penting pada dua hasil istimewa tersebut.

6. Inter Milan

Di bawah asuhan Jose Mourinho, Inter Milan memperoleh kesuksesan terbesarnya. Klub asal Italia itu berhasil menjuarai Serie A, Copa Italia dan Liga Champions. Di final kompetisi tertinggi Eropa, mereka mengalahkan Bayern Muenchen yang sedianya lebih diunggulkan dengan skor 2-0.

7. Bayern Muenchen

Tim asal Jerman itu menjadi klub kedua yang berhasil menorehkan dua kali treble winnner setelah Barcelona. Treble pertama diraih pada musim 2012/2013 dan kedua pada 2019/2020.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat