visitaaponce.com

Dua Gol Larut Antar Skotlandia Tekuk Norwegia

Dua Gol Larut Antar Skotlandia Tekuk Norwegia
Para pemain Skotlandia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Norwegia di laga kualifikasi Piala Eropa 2024.(AFP/Fredrik Varfjell / NTB)

SKOTLAND membuka peluang lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Lyndon Dykes dan Kenny McLean mencetak dua gol larut dalam tempo dua menit untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Norwegia di Oslo, Sabtu (17/6).

Norwegia tampaknya akan meraih kemenangan setelah gol penalti Erling Haaland membuat mereka unggul. Namun, kebangkitan Skotlandia di akhir laga membuat the Tartan Army membukukan rekor sempurna di tiga laga penyisihan Piala Eropa 2024.

Anak-anak asuhan Steve Clarke memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Grup A menjadi unggul enam poin atas Spanyol dan unggul delapan poin dari Norwegia. hanya dua tim dari masing-masing grup yang akan berlaga di Piala Eropa 2024.

Baca juga: Inggris dan Prancis Menang Mudah di Kualifikasi Piala Eropa, Wales Terancam

"Terkadang, saat itu adalah momen Anda, Anda hanya harus menikmatinya. Anak-anak tampil penuh percaya diri dan berjuang hingga akhir," kata Clarke.

Akibat kekalahan dari Skotlandia itu, Norwegia tampaknya akan kembali gagal tampil di kompetisi internasional meski memiliki dua bintang Liga Primer Inggris, Haaland dan kapten Arsenal Martin Odegaard.

"Kondisinya amat sangat berat pada saat ini," aku Odegaard mengenai peluang timnya berlaga di Piala Eropa 2024.

Baca juga: Bellingham Optimistis Inggris Bisa Juara Piala Eropa 2024

"Satu-satunya hal yang bisa kami lakukan adalah tetap bersatu dan berjuang bersama. Kami akan bertanding lagi pada Selasa (20/6). Kami harus siap untuk memenangkan laga itu," imbuhnya.

Haaland absen di dua laga Norwegia sebelumnya, melawan Spanyol dan Georgia, Maret lalu, karena cedera. Namun, di laga ini, dia tidak bisa berbicara banyak karena minim mendapatkan kesempatan di depan gawang Skotlandia di babak pertama.

Tim tuan rumah meningkatkan tempo permainan di babak kedua dan Norwegia mendapatkan hadiah penalti usai Haaland dijatuhkan Ryan Porteous di kotak terlarang pada menit 61.

Haaland yang menjadi eksekutor sukse menjalankan tugasnya. Itu merupakan gol ke-22 penyerang Manchester City itu dari 24 penampilan bersama timnas Norwegia.

Haaland ditarik ke luar saat laga menyisakan enam menit dan sang penyerang tidak mampu berbuat banyak ketika Skotlandia bangkit untuk meraih kemenangan.

Pertama, Dykes memanfaatkan kesalahan lini belakang Norwegia untuk menyamakan kedudukan saat laga menyisakan tiga menit.

Penyerang QPR itu menjalani musim yang berat di dalam dan luar lapangan setelah dia sempat dirawat di rumah sakit selama delapan hari karena penumonia.

Dykes pun berperan di gol kedua Skotlandia ketika dia memberi umpan matang kepada McLean yang menjebol gawang Norwegia di menit 89.

Berkat kemenangan itu, Norwegia berpeluang lolos untuk kedua kalinya secara beruntun ke Piala Eropa setelah sebelumnya menunggu 23 tahun untuk tampil di kompetisi akbar. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat