visitaaponce.com

Edward Iordanescu Akui Gol Pertama Belanda Runtuhkan Semangat Rumania

Edward Iordanescu Akui Gol Pertama Belanda Runtuhkan Semangat Rumania
Pelatih timnas Rumania Edward Iordanescu(AFP/OSCAR DEL POZO)

RUMANIA sempat tampil gemilang saat menghadapi Belanda, Selasa (3/7) malam, di laga Euro 2024 di hadapan para pendukungnya yang hadir di Allianz Aren, Muenchen.

Namun, gol Cody Gakpo di menit ke-20 menghancurkan ritme mereka dan sejak saat itu mereka harus mencari kembali pola permainan dan akhirnya kalah dengan skor telak 3-0.

"Kenyataannya adalah bahwa setelah 20 menit dengan aksi individu, mereka berhasil membuat kami tidak seimbang dan mencetak gol dan kemudian hal-hal tidak berjalan sebaik yang kami kira. Saya menyesal karena kami tidak berhasil meningkatkan diri kami ke level mereka," kata pelatih timnas Rumania Edward Iordanescu, dilansir CNA, Rabu (3/7).

Baca juga : Pendukung Rumania Tetap Bangga Meski Tim Pujaan Mereka Tersingkir dari Euro 2024

Kendati menelan kekalahan, Rumania layak pulang dengan bangga. Bagaimanapun, dengan pencapaian mereka setelah memuncaki kualifikasi praturnamen dan kemudian grup mereka di putaran final.

"Hari ini, kami mengakhiri sebuah cerita yang hebat. Tentu saja ada sedikit kesedihan. Kami memberikan segalanya seperti setiap hari. Terima kasih kepada para pemain saya, terima kasih kepada para pendukung, terima kasih kepada orang-orang di rumah, kepada orang-orang Rumania di seluruh dunia," tutur Iordanescu.

"Kita harus mengambil inspirasi dari hal ini Generasi baru, anak-anak, harus mengambil inspirasi dari para pemain ini. Persatuan yang kami miliki, kekompakan antara warga Rumania dan tim nasional, ini bisa menjadi awal yang baru," lanjutnya.

Baca juga : Dua Gol Donyell Malen Pastikan Belanda Kalahkan Rumania di 16 Besar Euro 2024

Pelatih berusia 46 tahun ini mengaku merasa lelah setelah hanya tidur tiga atau empat jam semalam di Jerman dan akan segera berbicara dengan Asosiasi Sepak Bola Rumania tentang masa depannya.

"Saya percaya bahwa pada saat ini keluarga saya lebih membutuhkan saya daripada timnas. Saya yakin apa pun yang terjadi dengan saya dan situasi saya, tim ini memiliki kekuatan, kekuatan, untuk memiliki masa depan yang baik dan kami ingin mencapai Piala Dunia (2026). Sangat penting bagi kami untuk meraih dua kualifikasi secara beruntun," sebutnya.

Sementara itu, pemain bertahan Rumania Andrei Burca mengatakan rekan setimnya kecewa karena kehabisan tenaga setelah awal yang menggembirakan saat melawan Belanda di laga babak 16 besar Piala Eropa 2024 di Munich Football Arena.

"Saya pikir kami memulai dengan baik, kami bermain dengan baik di 15-20 menit pertama, kemudian gol pertama mereka datang dan itu menggoyahkan kami sampai batas tertentu," kata Burca.

"Kami kecewa, kami menginginkan banyak hal dari pertandingan ini. Kejuaraan ini harus menjadi titik awal, agar kami tidak berpartisipasi dalam kejuaraan final hanya setiap delapan tahun sekali. Ini adalah malam yang menyedihkan bagi kami. Pertama-tama kami ingin berterima kasih kepada para pendukung kami, mereka sangat luar biasa," pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat