visitaaponce.com

Inggris dan Prancis Menang Mudah di Kualifikasi Piala Eropa, Wales Terancam

Inggris dan Prancis Menang Mudah di Kualifikasi Piala Eropa, Wales Terancam
Pemain Timnas Inggris saat pertandingan melawan Malta.(AFP)

INGGRIS dan Prancis meraih kemenangan mudah di kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (17/6) dini hari WIB. Sementara itu, harapan Wales untuk mencapai putaran final tahun depan di Jerman mengalami kemunduran seusai kalah kandang 2-4 dari Armenia.

Inggris menang 4-0 saat bertandang ke markas Malta di Stadion Nasional Ta'Qali dan mempertahankan rekor sempurna mereka di Grup C dengan tiga kemenangan dari tiga laga.

Inggris membuka skor ketika laga baru berjalan delapan menit. Bek Malta, Ferdinando Apap mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Bukayo Saka. Trent Alexander-Arnold menggandakan keunggulan Inggris di menit ke-28 dengan tendangan dari luar kotak penalti.

Baca juga: Cukur Malta 4-0, Inggris kian Kukuh di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024

Harry Kane, yang menjadi pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa menambah keunggulan melalui tendangan penalti. Selepas jeda istirahat, Inggris tetap bermain agresif di babak kedua. Wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Inggris pada menit ke-83 setelah pemain Malta, Steve Borg melakukan handball. Kali ini giliran Callum Wilson yang mengeksekusi tendangan penalti dan membawa Inggris menjauh 4-0.

"Tentu saja kami tahu kami memiliki kualitas untuk memenangkan pertandingan dan kemudian ini tentang mentalitas. Saya pikir itu sangat bagus sejak awal," kata pelatih Inggris Gareth Southgate.

Hasil ini membuat Inggris kokoh di puncak dengan sembilan poin, unggul enam poin dari Ukraina, Italia dan Makedonia Utara, meskipun telah memainkan satu pertandingan lebih banyak. Sementara Malta tidak beranjak dari posisi buncit tanpa meraih satu pun poin dari tiga pertandingan.

Baca juga: Mbappe Cetak Gol saat Prancis Kalahkan Gibraltar dalam Kualifikasi Euro

Kemenangan Prancis

Sementara itu, Prancis juga menang meyakinkan lawan Gibraltar tiga gol tanpa balas di Stadion Algarve, Portugal. Tiga gol Prancis masing-masing dicetak oleh Oliver Giroud, Kylian Mbappe dan bunuh diri Aymen Mouelhi.

Tim asuhan Didier Deschamps itu memimpin Grup B dengan sembilan poin, disusul Yunani dan Belanda yang masing-masing merebut tiga poin. Sementara Gibraltar masih tanpa angka di dasar klasemen, kalah selisih gol dari Republik Irlandia.

"Tujuannya adalah untuk menang dan menyelesaikan pekerjaan tetapi kami seharusnya mencetak lebih banyak gol," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Di laga lainnya, Wales yang telah lolos kedua Kejuaraan Eropa terakhir berada di ujung tanduk setelah kalah dari Armenia 2-4 di Cardiff. Wales tidak pernah kalah dalam 12 pertandingan kandang kualifikasi Kejuaraan Eropa, kekalahan terakhir mereka terjadi saat melawan Inggris pada 2011.

Namun, hasil ini membuat mereka terancam gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Mereka tertahan di urutan ketiga Grup D dengan empat poin dari tiga laga yang sudah dimainkan. (Mal/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat