visitaaponce.com

PSSI Terbuka Opsi Stadion Alternatif Pengganti SUGBK di Piala Dunia U-17

PSSI Terbuka Opsi Stadion Alternatif Pengganti SUGBK di Piala Dunia U-17
Sejumlah warga berolahraga di bagian luar Stadion Utama, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.(ANTARA )

KETUA Umum PSSI Erick Thohir mengatakan opsi penggunaan stadion selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta sangat terbuka untuk digunakan jadi venue Piala Dunia U-17 yang akan digelar November mendatang. Indonesia selaku tuan rumah harus mencari stadion alternatif karena jadwal Piala Dunia U-17 bentrok dengan konser band Coldplay di SUGBK.

Erick telah melapor ke Presiden Joko Widodo sore tadi soal penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 oleh FIFA. Erick menyampaikan Indonesia mulai berbenah untuk menyambut turnamen itu termasuk soal stadion yang digunakan.

Erick menyampaikan akan mengecek sejumlah stadion termasuk Jakarta International Stadium (JIS) sebelum FIFA datang untuk melakukan pengecekan kelayakan stadion. Erick juga akan bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono terkait dengan stadion mana yang perlu direnovasi.

Baca juga: Diusulkan Menjadi Lokasi Piala Dunia U-17, Erick Ungkap Kondisi JIS

"Ini sejalan dengan 22 stadion yang akan direnovasi oleh pemerintah," kata Erick di Jakarta, Senin (26/6).

Menurutnya, kepercayaan FIFA yang telah melihat sepak bola Indonesia yang mulai bertransformasi ke arah lebih baik harus dijaga. Alasan itu yang membuat FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 setelah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca juga: Piala Dunia U-17 Bentrok dengan Konser Coldplay, Jokowi: Stadion Kita tidak Cuma GBK

Hal lain yang jadi perhatiannya ialah Piala Dunia U-17 tidak mengganggu klub peserta Liga 1 yang stadionnya digunakan sebagai laga kandang. Kompetisi Liga 1 dijadwalkan mulai bergulir pada 1 Juli mendatang.

"Kembali sinergi dan kesinambungan antara liga 1 dan piala dunia harus berjalan. Piala Dunia U-17 tidak menyetop Liga 1 tetapi tentu pembagian jadwal lapangan yang harus diprioritaskan," jelasnya.

Erick juga menyampaikan, persiapan Piala Dunia U-17 dimulai dengan melakukan seleksi pemain di sembilan kota dan akan meninjau lokasi training center yang akan digunakan oleh para pemain. PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih tim U-17 Indonesia. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat