visitaaponce.com

PSSI Akan Usulkan JIS Jadi Salah Satu Stadion Piala Dunia U-17 2023

PSSI Akan Usulkan JIS Jadi Salah Satu Stadion Piala Dunia U-17 2023
Stadion JIS(DOK MI)

KETUA Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) akan diusulkan ke FIFA menjadi salah satu stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Sejumlah catataan evaluasi stadion mulai dari akses, kualitas rumput hingga transportasi penunjang akan direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemprov DKI Jakarta, PT KAI serta Jasa Marga.

Hal itu disampaikan Erick Thohir usai meninjau JIS bersama Basuki Hadimuljo, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono serta perwakilan PT Jakarta Propertindo (JakPro), Selasa (4/7). Renovasi stadion yang terletak di Jakarta Utara itu ditargetkan rampung dalam waktu tiga bulan agar memenuhi standar FIFA.

"Hari ini mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu, stadion yang diusulkan ke FIFA untuk kejuaraan dunia U-17. Salah satu ya. Ini yang kita lakukan," kata Erick.

Baca juga: JIS Jadi Lokasi Pertandingan Piala Dunia U-17, Heru Masih Nanyak PR

Erick menjelaskan, kelayakan stadion untuk digunakan pada Piala Dunia U-17 akan ditentukan FIFA. Pemerintah, kata Erick, akan memperbaiki stadion sesuai standar kelayakan sebelum FIFA datang untuk meninjau langsung stadion-stadion yang diusulkan untuk menjadi venue Piala Dunia U-17. Hal itu sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk merenovasi sejumlah stadion yang ada di Indonesia seusai standar FIFA.

"(Kelayakan stadion) standar FIFA itu yang menentukan FIFA. Bukan PSSI. Kita hanya memperbaiki, meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA. Karena itu ini merupakan bagian dari yang dilakukan pemerintah khususnya Menteri PUPR sesuai dengan tentu tugas dari bapak presiden waktu itu ketika kita memaparkan ke FIFA soal blue print transformasi sepak bola termasuk renovasi 22 stadion," kata Erick.

Erick berharap tidak ada lagi polemik soal JIS untuk bisa digunakan dalam Piala Dunia U-17. PSSI telah melakukan rapat koordinasi bersama FIFA untuk persiapan Piala Dunia U-17. Nantinya, PSSI akan merekomendasikan sejumlah stadion ke FIFA yang mau dijadikan tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Setelah itux FIFA yang akan mengecek langsung stadion tersebut apakah dirasa cukup layak atau tidak. Saat ini, PSSI masih menunggu kedatangan tim FIFA ke Indonesia.

Baca juga: Sumatra Selatan Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

"Polemik yang terjadi sekarang ini itu bukan polemik yang kita harapkan. Tetapi kami hadir ke sini sama-sama untuk membangun yang namanya stadion sesuai standar yang diinginkan," kata Erick. (R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat