visitaaponce.com

Sumatra Selatan Siap Jadi Tuan Rumah Piala U-17

Sumatra Selatan Siap Jadi Tuan Rumah Piala U-17
Gubernur Sumsel membocorkan kalau sudah dihubungi Ketua PSSI Erick thohir untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.(MI/Dwi Apriani)

GUBERNUR Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru menyatakan siap menjadi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Herman mengaku dirinya telah dihubungi ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir

"Saya sudah ditelpon Pak Erick Thohir. Insya Allah, Sumsel jadi tuan rumah," ujar Herman Deru, kemarin.

Manajer Operasional Jakabaring Sport City (JSC) Afriandi Gunawan mengatakan pihaknya sudah siap menjadi tuan rumah. Ia meyakini Piala Dunia U-17 akan mendongkrak tingkat kunjungan di JSC dan daerah sekitarnya termasuk pariwisata di Palembang.

Baca juga : PSSI: Stadion Jakabaring Siap Digunakan untuk Piala Dunia U-20

"Kita tinggal menunggu kabar, karena memang Indonesia sudah ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah piala dunia U-17," ungkapnya.

Ia mengatakan ada sejumlah fasilitas baru yang disiapkan pengelola JSC. Di antaranya lampu sorot di setiap sudut stadion, papan skor digital berukuran besar berteknologi mutakhir, tempat duduk pemain cadangan sudah menggunakan kursi busa bercorak merah-putih.

Lalu ruang ganti sudah diperbaharui, ada ruang transit, dan ruangan khusus atau royal box untuk tamu penting. "Lapangan stadion sudah menggunakan rumput jenis Zoysia japonica dari Jepang yang dijahit dengan rumput sintetis," kata Afriandi.

Baca juga : Tinjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Erick Thohir Beri Catatan

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat menggelontorkan dana Dana APBN Rp155,196 miliar dan APBD Sumsel sebesar Rp30 miliar. Dana itu juga termasuk renovasi empat lapangan latihan, yakni lapangan atletik, sofbol, panahan, dan Stadion Bumi Sriwijaya yang terletak sekitar 10 kilometer dari JSC.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Sumatera Selatan Basyarudin Akhmad mengatakan Stadion Gelora Sriwijaya siap untuk gelaran U-17. Beragam langkah membenahi stadion sudah dilakukan sejak 2019.

"Terkait penggunaan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sebagai tuan rumah, kami akan berkoodinasi terlebih dahulu," ungkap Basyarudin.

Ia menerangkan, akan ada evaluasi nantinya sebagai upaya memastikan Stadion Gelora Sriwijaya agar siap ditunjuk sebagai tuan rumah. Pihaknya tidak ragu dengan persiapan matang yang telah dilakukan jauh hari sebelum Indonesia ditunjuk kembali. "Tim dari Pusat pasti akan melakukan evaluasi untuk melihat apa-apa saja yang masih perlu dipenuhi," pungkasnya. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat