visitaaponce.com

Kalah dari Thailand, Garuda Pertiwi Gagal ke Final Piala AFF U-19

Kalah dari Thailand, Garuda Pertiwi Gagal ke Final Piala AFF U-19 
Timnas U-19 Putri sesaat sebelum berlaga di semifinal Piala AFF U-19 Putri melawan Thailand(Antara/Nova Wahyudi)

TIMNAS U-19 putri Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada semifinal Piala AFF U-19 Putri 2023. Skuad Garuda Pertiwi takluk 1-7 di  Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (13/7) malam WIB.

Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, petaka muncul ketika penjaga gawang Indonesia Fani Supriyanto mendapat kartu merah. Berhadapan satu lawan satu dengan gelandang Thawanrat Promthongmee, dia melakukan pelanggaran keras tepat di depan kotak penalti.

Kendati demikian, Claudia Scheunemann dkk tak menyerah. Mereka masih mampu memberikan serangan terhadap Thailand.

Baca juga : Skuad Garuda Pertiwi Diminta Bermain Efektif di Semifinal Piala AFF Putri

Namun, rapuhnya pertahanan Indonesia membuat Thailand mampu membobol gawang Indonesia lewat tendangan Thawanrat Promthongmee dari dalam kotak penalti pada menit ke-15.

Claudia Scheunemann memecah kebuntuan Indonesia pada menit ke-24. Berawal dari umpan satu dua di lini tengah, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti merobek jala kiper Chalisa Phungoen. Skor imbang 1-1.

Thailand yang unggul jumlah pemain sukses membuat dua gol tambahan dalam waktu singkat melalui Anaphon Amanpong (29') dan Promthongmee (31’). Skor tidak berubah hingga babak pertama selesai.

Baca juga : Kapan Semifinal Piala AFF U-19 Putri? Cek Jadwal Timnas Indonesia

Indonesia makin keteteran selepas jeda. Thailand memperbesar kedudukan Amanpong (46’), Chattaya Pratumkul (63’), Phomthongmee (70’), dab Natcha Kaewanta (87’).

Kemenangan ini membuat Thailand lolos ke final dan akan bertemu Vietnam pada laga puncak Piala AFF Wanita U-19 2023 di Stadion Jakabaring, Palembang, pada Sabtu (15/7) malam WIB.

Sedangkan, kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke final Piala AFF Wanita U-19. Namun Indonesia masih akan melakoni pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Myanmar di Stadion Jakabaring, Palembang, Sabtu (15/7) sore.

"Dengan hasil ini kami tetap bersyukur bisa jadi semifinalis. Bagus untuk belajar karena setengah dari tim ini usianya masih 17 tahun," kata pelatih tim putri Indonesia Rudy Eka Priyambada usai laga.

"Saya harap sepak bola putri ke depannya tadi pak Erick (Ketum PSSI Erick Thohir) bilang tidak akan membedakan dengan sepak bola pria dan wanita. Semoga ke depan akan lebih baik," lanjutnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat