visitaaponce.com

Ketum PSSI Setuju Liga 1 Dihentikan Sementara karena Aksi Rasisme

Ketum PSSI Setuju Liga 1 Dihentikan Sementara karena Aksi Rasisme
Ketua Umum PSSI Erick Thohir(Antara)

KETUA Umum PSSI Erick Thohir setuju dengan usulan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) yang meminta Liga 1 2023/24 dihentikan sementara setelah adanya aksi rasisme setelah laga PSM Makassar melawan Persija Jakarta pada 3 Juli.

"Ya, setuju," kata Erick saat diwawancarai setelah menghadiri acara pelatihan VAR di kawasan Thamrin City, Jakarta pada Jumat (7/7).

Pertandingan antar Persija vs PSM itu memang berakhir imbang 1-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7). Akan tetapi, kemudian muncul komentar-komentar buruk bernada rasisme di media sosial seusai pertandingan.

Baca juga : Liga 1 Indonesia, PSS Sleman Tahan Imbang Persis Solo 2-2

Ada tiga pemain PSM Makassar yang mengalami tindakan rasisme yaitu Yance Sayuri, Yuran Fernandes dan Erqin Gutawa. Atas aksi itu, APPI meminta agar PSSI dan Liga 1 untuk menghentikan sementara kompetisi tersebut.

Erick Thohir menyatakan, harus ada tindakan bertahap yang diambil terkait aksi rasisme tersebut. "Kemarin saya sudah bilang, saya sangat kecewa, dan saya meminta nanti setelah ada jambore suporter (sudah ada di Surabaya) dan di berbagai tempat, suporter nanti mempunyai perspektif yang sama, apa itu rasisme," kata Erick.

Baca juga : Persebaya Waspadai Kekuatan Anyar Barito Putera

"Ke depannya akan mulai kita tindak. Karena sangat sedih ketika kita bangga, sebagai negara Pancasila, NKRI, kulitnya ada yang putih ada yang hitam, rambutnya ada yang keriting ada yang lurus. Sukunya macam-macam lalu terjebak hal yang seperti ini, sangat-sengat menyedihkan," lanjutn Erick.

"Apalagi kalau yang dikecam bangsa kita sendiri. Apakah itu dari barat, timur, tengah, saya rasa ini tidak bisa ditoleransi."

Erick Thohir mengatakan bahwa rasisme harus dilawan dan ditindak tegas. Hal itu agar ada efek jera dan tidak terjadi lagi ke depan karena tidak boleh dikasih tempat untuk tindakan rasisme. (Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat