visitaaponce.com

FIFA Soroti Rumput Stadion Manahan yang Menguning saat Inspeksi Stadion Piala Dunia U-17

FIFA Soroti Rumput Stadion Manahan yang Menguning saat Inspeksi Stadion Piala Dunia U-17
Penyiraman rumput di Stadion Manahan, Solo.(MI/Widjajadi)

RUMPUT Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, saat ini dalam keadaan menguning, mengindikasikan kurangnya suplai air. Hal itu diketahui saat wakil FIFA melakukan inspeksi sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Rata rata kondisi rumput masih baik, tapi sudah ada yang kuning, yang mengindikasikan kurang air, hingga perlu perawatan rutin yang lebih baik lagi," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora ) Kota Solo, Rini Kusumandari, Selasa (1/8) sore.

Stadion Manahan telah diusulkan menjadi venue utama Piala Dunia U-17 pada 10 November - 2 Desember 2023 mendatang.

Dalam inspeksi itu, tampak Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria dan juga perwakilan pejabat Kementerian PUPR, serta sejumlah pejabat Dispora Kota Solo ikut mendampingi inspeksi 4 petugas dari FIFA. Sebelumnya, FIFA telah melakukan pengecekan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dan 3 lapangan pendamping.
 
Tidak ada penjelasan apa pun dari perwakilan FIFA terkait pengecekan Stadion Manahan dan lima lapangan pendamping yang dipersiapkan untuk latihan tim Piala Dunia U-17 yang akan berlaga di Kota Solo.  
 
Begitu halnya Ratu Tisha juga tidak memberikan keterangan apa pun terkait pengecekan awal untuk rumput dan sarpras lain dari stadion yang sempat akan dijadikan dipergunakan Piala Dunia U-20 yang dibatalkan dan digeser ke Argentina pada 2022 lalu.
 
Namun Kadispora Rini Kusumandari menambahkan, bahwa pengecekan yang dilakukan FIFA di Stadion Manahan itu baru awal. "Akan ada lanjutan. Dan FIFA akan berada di sini (berkantor di Solo) kalau memang nanti jadi venue utama," kata dia.
 
Menurutnya, inspeksi awal itu belum menelurkan rekomendasi dari FIFA, karena hasil pengecekan itu akan masih akan dirapatkan. Namun diakui Rini ada perlu peralatan yang perlu didatangkan, terutama untuk penyempurnaan rumput.
 
Diketahui, sebelum meninjau Stadion Manahan pada sore hari, perwakilan FIFA itu meninjau lapangan latihan Blulukan, UNS, Sriwaru, Kota Barat, Banyuanyar, Stadion Sriwedari.
 
Kelima lapangan latihan yang diinspeksi, kecuali Blulukan, sudah direnovasi total sejak Indonesia yang disiapkan menjadi tuan rumah Pilala Dunia U-20 yang batal.
 
Wali Kota Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi peninjauan di sejumlah lapangan pendamping menjelaskan, diyakini tidak ada permasalahan atas kesiapan lapangan tersebut untuk latihan tim negara peserta Piala Dunia U-17 yang akan berlaga di Solo pada 10 November hingga 10 Desember mendatang. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat