visitaaponce.com

Pelatih Timnas Putri AS Mengundurkan Diri

Pelatih Timnas Putri AS Mengundurkan Diri
Pelatih timnas putri AS Vlatko Andonovski(AFP/WILLIAM WEST)

PELATIH timnas putri Amerika Serikat (AS) Vlatko Andonovski mengundurkan diri setelah timnya tampil buruk di Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru. Hal itu diungkapkan seorang sumber, Kamis (17/8) WIB.

Sumber itu mengatakan Andronovski telah menyerahkan surat pengunduran dirinya usai mencapai kata sepakat dengan federasi sepak bola AS.

AS tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia Wanita setelah kalah adu penalti dari Swedia. Itu merupakan kali pertama timnas AS tersingkir cepat di Piala Dunia Wanita.

Baca juga: Hajar Australia, Inggris Melaju ke Final Piala Dunia Wanita

AS merupakan juara di dua Piala Dunia sebelumnya, 2015 dan 2019, kala ditukangi Jill Ellis.

Andonovski, pelatih kelahiran Makedonia Utara, mengambil alih kepelatihan timnas AS pada Oktober 2019 setelah sukses menukangi sejumlah klub Liga Putri AS.

Bersama Andonovski, timnas AS meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2022 setelah kalah dari Kanada, yang akhirnya meraih medali emas, di laga semifinal.

Baca juga: Tekuk Swedia, Spanyol Melaju ke Final Piala Dunia Wanita

Athletic melaporkan Twila Kilgore, asisten pelatih timnas AS, akan menjadi pelatih kepala interim.

AS bertolak ke Piala Dunia Wanita dijagokan untuk menjadi tim pertama, baik putra maupun putri, yang berhasil menjadi juara Piala Dunia untuk ketiga kali secara beruntun.

Namun, setelah menang 3-0 atas Vietnam di laga pembuka, AS bermain imbang 1-1 dengan Belanda dan nyaris tidak lolos ke babak sistem gugur usai bermain imbang tanpa gol dengan Portugal.

Selebrasi para pemain timnas AS usai laga melawan Portugal itu menuai kritik dari pengamat termasuk dari mantan kapten Carli Lloyd.

Kemudian, meski tampil apik melawan Swedia, AS gagal mencetak gol dan harus tersingkir usai kalah adu penalti. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat