visitaaponce.com

Taklukan Thailand, Indonesia Lolos ke Final AFF U-23

Taklukan Thailand, Indonesia Lolos ke Final AFF U-23
Timnas U-23 di Piala AFF U-23(Dok. PSSI )

TIM U-23 Indonesia menampilkan permainan berbeda saat mengalahkan Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023 dengan skor 3-1, di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8) malam. Bermain lebih tenang, minim kesalahan individu dan menerapkan permainan cepat membuat Garuda Muda bisa lolos ke final menghadapi Vietnam yang mengalahkan Malaysia 4-1.

Anak asuh Shin Tae-yong sejak awal laga bisa mendominasi lini tengah melalui sang kreator Beckham Putra. Kondisi itu membuat Thailand sulit mengembangkan permainan.

Gol Jeam Kelly Sroyer melalui sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-9 membuat pendukung tuan rumah terdiam. Unggul di awal laga membuat permainan Garuda Muda lebih taktis mengandalkan umpan dari kaki ke kaki.

Baca juga: Kalahkan Malaysia, Vietnam Lolos ke Final Piala AFF

Garuda Muda menggandakan keunggulan pada menit ke-23 yang diawali lemparan ke dalam Robi Darwis. Lemparan jauh Robi disambut sundulan Muhammad Ferrari ke pojok kiri gawang yang tak mampu dihalau kiper Siriawat Ingkaew.

Empat menit kemudian, Thailand memperkecil jarak menjadi 1-2 lewat gol Natcha Promsomboon memaksimalkan umpan pojok. Indonesia menambah gol pada injury time berkat gol bunuh diri pemain Thailand, Natcha Promosomboon, yang salah mengantisipasi tendangan Haykal Alhafiz.

Baca juga: Timnas Tampil Buruk di AFF, Seruan STY Out Menggema di Medsos

Pada babak kedua, pemain Garuda Muda masih unggul di lini tengah membuat tuan rumah hanya bisa mengandalkan umpan jauh ke pertahanan Indonesia. Skema itu tidak efektif membuat pemain Thailand frustasi.

Kendati demikian, Ramadhan Sananta dkk tidak terpancing meladeni permainan keras Thailand. Menjelang laga tersisa 30 menit, Thailand gencar menyerang untuk menjaga kesempatan mengejar keunggulan Indonesia. Namun, pertahanan rapat serta fokus pemain yang masih terjaga membuat Indonesia mempertahankan keunggulan 3-1 hingga akhir pertandingan.

Ambisi Thailand yang menjadi favorit juara untuk membalas kekalahan di final SEA Games 2023 lalu gagal. Sementara Indonesia yang terseok di fase grup berhasil melaju ke puncak dan ditunggu Vietnam dalam laga yang akan digelar Sabtu (26/8) malam. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat