visitaaponce.com

Kalahkan Malaysia, Vietnam Lolos ke Final Piala AFF

Kalahkan Malaysia, Vietnam Lolos ke Final Piala AFF
Pesepak bola Malaysia Hakim Hassan saat menghadapi Thailand pada AFF Mitsubishi Electric Cup 2022(Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

TIM U-23 Vietnam melaju ke final Piala AFF U-23 2023 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis (24/8). Vietnam yang menjadi salah satu favorit juara belum terkalahkan dari fase grup.

Kedua tim saling saling menekan sejak awal pertandingan. Hanya saja serangan Vietnam cenderung lebih tajam. Sedangkan Malaysia banyak membuang-buang peluang.

Vietnam berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-7 lewat sontekan Dinh Xuan Tien.  Dominasi Timnas Vietnam di laga semifinal di Piala AFF U23 ini berlanjut. Nguyen Quoc Viet menggandakan keunggulan memaksimalkan assist dari Nguyen Duc Viet pada menit ke-32.

Baca juga: Hadapi Indonesia di Semifinal AFF U-23, Thailand Turunkan Skuad Terbaik

Pada menit ke-44, Vietnam berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat sepakan keras Dinh Xuan Tien.

Di babak kedua, Malaysia memasukkan penyerang yang mencetak dua gol ke gawang Indonesia yakni Fergus Tierney. Kehadiran Tierney mampu membawa dampak positif di lini depan Malaysia. Hasilnya, tim Harimau Muda berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-49 lewat sundulan Alif Ikmalrizal Anuar.

Baca juga: Garuda Muda Waspadai Kekuatan Berbeda Thailand

Namun, dominaai Vietnam kembali berlanjut. Pada menit ke-85 Vietnam berhasil menambah keunggulan menjadi 4-1 lewat sontekan Nguyen Hong Phuc.

"Saya senang dengan cara kami mencapai final. Sebelum memulai turnamen, saya memberi tahu para pemain bahwa tujuannya adalah mencapai pertandingan final," kata Pelatih Vietnam U-23 Hoang Anh Tuan. (Mal/24hcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat