visitaaponce.com

Garuda Muda Waspadai Kekuatan Berbeda Thailand

Garuda Muda Waspadai Kekuatan Berbeda Thailand
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong(MI/BRIYANBODO HENDRO )

PELATIH tim U-23 Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan penampilan berbeda anak asuhnya di laga semifinal menghadapi tuan rumah Thailand di Stadion Provinsi Rayong, Rayong pada Kamis (24/8) malam WIB. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya tidak takut menghadapi kekuatan Thailand yang menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan dan menjadi juara Grup A.

Thailand juga berhasil mencatatkan clean sheet selama babak penyisihan grup. Gajah Perang mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0, Brunei Darussalam (3-0), dan Kamboja (2-0).

"Saya pikir tim nasional Thailand mungkin memiliki skuad terbaik di turnamen (Piala AFF U-23 2023). Dan kami akan berusaha memberikan yang terbaik pada pertandingan besok dan mencoba bermain kombinasi dengan cepat," kata Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong Didesak Mundur, Pengamat: Wajar, Nihil Prestasi

Tim U-23 Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF dengan menggantungkan nasib dari laga lainnya dan masih dinaungi keberuntungan. Garuda Muda lolos melalui jalur peringkat kedua terbaik.

Kepastian ini diperoleh setelah Kamboja dan juga Filipina, gagal memetik kemenangan di laga terakhir. Kamboja takluk dari Thailand 0-2, sedangkan Filipina kalah 0-1 dari Vietnam.

Baca juga: Timnas Tampil Buruk di AFF, Seruan STY Out Menggema di Medsos

Laga semifinal Piala AFF U-23 2023 lainnya akan mempertemukan Malaysia versus Vietnam. Shin menilai, empat tim ini layak untuk bermain di empat besar. "Empat tim yang ada di semifinal, yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam, saya pikir memang layak untuk lolos ke semifinal. Jadi, saya berharap semifinal nanti akan menyajikan pertandingan yang bagus," lanjutnya.

Evaluasi telah dilakukan dari hasil di dua laga fase grup saat kalah dari Malaysia kalah 1-2 dan menang dari Timor Leste. Garuda Muda yang mengisi waktu jeda pertandingan dengan latihan pemulihan kondisi di hotel selama satu jam pada Selasa (22/8). Para pemain Indonesia menyatakan siap menghadapi siapa pun yang menjadi lawan di semifinal.

”Masih banyak peluang yang belum kami manfaatkan dengan baik (saat melawan Timor Leste), dan kami akan berbenah untuk pertandingan ke depan kalau ada kesempatan kami untuk lolos ke semifinal,” kata bek sayap tim U-23 Indonesia, Frengky Missa.

"Pastinya ada evaluasi juga bagaimana cara bermain, dan lebih simple saja, dan harus lebih tepat mengambil keputusan," tambah bek tim U-23 Indonesia Kadek Arel.

Tim U-23 Thailand dan Indonesia sebelumnya bertemu di final SEA Games 2023. Saat itu Indonesia menang 5-2 dan meraih medali emas. Pelatih Thailand, Issara Sritaro, berjanji bahwa timnya akan menampilkan sesuatu yang berbeda di semifinal AFF U-23 nanti. Apalagi, di ajang ini Thailand datang dengan tim yang jauh berbeda.

"Saya percaya ini akan jadi pertandingan yang berbeda (dari final SEA Games 2023). Apalagi Indonesia dan Thailand tidak membawa kekuatan penuh ke ajang ini (Piala AFF U-23)," kata Sritaro.

"Saya yakin semua pemain akan mencurahkan emosinya dalam pertandingan lawan Indonesia nanti untuk menunjukkan yang terbaik," lanjutnya. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat