visitaaponce.com

Taklukan Thailand di Kandangnya, Indonesia Sudahi Rekor Buruk 38 Tahun

Taklukan Thailand di Kandangnya, Indonesia Sudahi Rekor Buruk 38 Tahun
Para pemain timnas U-23 mengikuti sesi latihan.(MI/Susanto)

Timnas U-23 Indonesia mencetak sejarah setelah meraih kemenangan 3-1 atas Thailand di laga semifinal Piala AFF U-23 yang dihelat di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8) malam. Itu adalah kemenangan pertama Indonesia di kandang Thailand sejak 38 tahun terakhir.

"Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun. Terakhir kali, kita menang pad 1985 saat Pra-Piala Dunia 1986. Lewat Gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0," kata pengamat sepak bola nasional Akmal Maharli dalam keterangannya, Jumat (25/8).

Sejak 1977, Timnas Indonesia tercatat hanya hanya enam kali menang kontra Thailand. Sementara, Tim Gajah Putih meraih 16 kemenangan. Dari deretan kemenangan Indonesia atas Thailand, mayoritas terjadi di kandang sendiri atau di tempat netral. Seperti pada 1979, 2011, dan 2019 kala laga digelar di Indonesia. Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023 kemenangan Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.

Baca juga : Kalah dari Vietnam, Garuda Muda Bergegas Persiapkan Kualifikasi Piala Asia

Akhirnya, pada laga semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8), kutukan tidak pernah menang atas Thailand di markas lawan bisa dihancurkan. Indonesia tampil meyakinkan di hadapan puluhan ribu pendukung Thailand yang memadati Stadion Provinsi Rayong.

Kemenangan timnas Indonesia terasa manis. Sebab tim berangkat ke Thailand dengan kekuatan minimum. Pasalnya, beberapa pemain utama tidak diizinkan klub untuk mengikuti Piala AFF U-23. Sebaliknya, Thailand turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna di putaran grup.

Tim asuhan Shin Tae-yong akan menantang Vietnam di laga final di stadion yang sama pada Sabtu (26/8). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat