visitaaponce.com

Luciano Spalletti Resmi Bertugas, Era Baru Gli Azzurri Dimulai

Luciano Spalletti Resmi Bertugas, Era Baru Gli Azzurri Dimulai
Pelatih baru timnas Italia Luciano Spallett(AFP/Filippo Monteforte)

ERA baru tim nasional Italia bersama Luciano Spalletti dimulai. Sejak Senin (4/9), Spalletti telah memimpin latihan pertama Gli Azzurri di Coverciano, setelah hampir tiga tahun tim di bawah kepelatihan Roberto Mancini

Pelatih berusia 64 tahun itu memahami beban berat yang dipikulnya saat ini. Baginya, menjadi pelatih Italia ibarat emosi yang tak terlukiskan.

"Itu adalah emosi yang tak terlukiskan, saya merasa seperti seorang pendaki gunung yang mengibarkan bendera di Mont Blanc. Bagi saya ini adalah tugas tertinggi yang diterima dalam sejarah saya sebagai pelatih," kata Spalletti.

Baca juga : Cedera, Locatelli Dicoret dari Timnas Italia

Spelletti yang sebelumnya menjadi pelatih Napoli telah resmi diangkat sebagai pelatih Gli Azzurri. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah mengumumkan pengangkatan Luciano Spalletti secara resmi pada 2 September 2023 lalu.

Ia akan tampil dalam debutnya sebagai pelatih timnas Italia langsung di laga kualifikasi Piala Eropa 2024. Dimulai dengan tandang menghadapi Makedonia Utara pada Sabtu 9 September 2023 atau Minggu dini hari WIB nanti yang akan digelar di Skopje, Makedonia Utara.

Sebanyak 29 nama telah dipanggil l Spalletti untuk dua pertandingan itu. Beberapa nama besar seperti Jorginho dan Marco Verratti tidak masuk dalam skuad pilihannya.

Baca juga : Jorginho dan Chiesa Dipanggil Kembali ke Timnas Italia

Melihat materi pemain muda yang dimiliki Italia saat ini, Spalletti dinilai bisa membawa perubahan baru.

"Ini adalah tanggung jawab luar biasa yang membuat saya merasakan beban penuh pada diri saya. Namun justru dalam tanggung jawab itulah kita merasakan reaksi-reaksi yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dan lebih kuat," jelasnya.

Spalletti memberi peringatan bagi para pemain yang bercita-cita untuk bermain untuk Timnas Italia. 

"Para pemain harus senang mengenakan seragam ini. Di dunia di mana segala sesuatunya bisa dijangkau dengan mudah, tampaknya mudah untuk memiliki akses ke segala hal," ujarnya. (Footballitalia/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat