visitaaponce.com

Piala Asia U-23, Garuda Muda Waspadai Lini Depan Turkmenistan

Piala Asia U-23, Garuda Muda Waspadai Lini Depan Turkmenistan
Marcelino Ferdinan (kanan) berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) seusai mencetak gol ke gawang Taiwan, Sabtu (9/9).(MI/Bryanbodo)

TIMNAS U-23 Indonesia akan menghadapi Turkmenistan, pada Selasa, 12 September 2023 mendatang, sebagai ujian terakhir untuk bisa lolos ke putaran Final Piala Asia U-23 2024. Meskipun memimpin klasemen Grup K, Garuda Muda perlu mewaspadai lini depan tim asuhan pelatih Ahmet Agamyradov yang memiliki ketajaman mencetak gol.

Rizky Ridho dkk memiliki modal baik setelah menang telak 9-0 atas Taiwan di laga perdana. Namun, kualitas Turkmenistan jauh lebih baik dari Taiwan. Kedua tim sudah bertemu dengan kemenangan Turkmenistan 4-0. Tiga gol diantaranya dicetak Shammamet Hydyrow.

Shin Tae-yong secara khusus mengomentari permainan Hydyrow. Bagi pelatih asal Korea Selatan itu, Turkmenistan punya kekuatan fisik khususnya pemain depan yang harus diwaspadai.

Baca juga : Elkan Baggott, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Marselino Ferdinan Gabung di Latihan Timnas U-23

Memang secara fisik, Turkmenistan terlihat lebih baik dan kuat. Apalagi saya menonton pertandingan pertama Turkmenistan lawan Taiwan,” kata Shin.

“Pemain bernomor 11 dan penyerang lain (Turkmenistan) juga sangat baik," lanjutnya.

Kendati demikian, Shin menegaskan sudah menyiapkan taktik khusus untuk mengalahkan Turkmenistan. Ia juga yakin lini depan pasukannya lebih tajam.

Baca juga : Tiket Kualifikasi AFC Indonesia Vs Taiwan Habis, Elkan Baggott: Luar Biasa!

“Kita tinggal antisipasi saja dan tidak lengah. Kita juga punya penyerang-penyerang bagus di depan jadi pasti akan bisa cetak gol dan menang,” tegasnya.

Turkmenistan juga memiliki keuntungan waktu istirahat lebih panjang daripada Indonesia. Mereka memulai laga melawan Taiwan pada 6 September, sementara Indonesia tiga hari setelahnya.

Dalam sesi latihan setelah laga melawan Taiwan, Garuda Muda fokus recovery sebelum berlatih taktik. Shin berharap pemainnya bisa mengimbangi keunggulan fisik tim lawan di laga nanti.

Baca juga : Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar dan Daftar Pemain Timnas Indonesia

Meski hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan status juara grup, tapi Indonesia tak boleh menganggap remeh dan tetap fokus meraih kemenangan.

Juara dari masing-masing grup akan memperoleh tiket lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sementara runner-up di masing-masing grup hanya akan memperebutkan 4 tiket yang nantinya akan diranking dengan poin dan selisih gol terbanyak.

"Memang tidak mudah, tetapi menurut saya kami bisa meraih kemenangan. Saya akan berusaha sebaik mungkin agar timnas menampilkan permainan luar biasa kepada para fans," kata Shin.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Bangga dengan Prestasi Timnas Indonesia U-23

Bek tim U-23 Indonesia Alfreandra Dewangga siap tampil 100% jika dipercaya turun dalam laga melawan Turkmenistan. Pemain PSIS Semarang tersebut merasa kondisi fisiknya sudah bugar setelah bermain 45 menit di laga perdana. ”Kondisi saya sudah fit. Saya siap untuk dimainkan," ucapnya.

Dewangga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Peluang tersebut sudah ada di depan mata. Jika lolos, ini menjadi sejarah baru bagi tim U-23 Indonesia. Selain itu, keberhasilan itu juga bisa menyamai prestasi tim senior yang sudah lebih dulu lolos putaran final Piala Asia 2024.

"Saya cuma berharap tim bisa bermain maksimal dan memenangi pertandingan," tegasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat