visitaaponce.com

Timnas Kanada Latihan Tertutup, Uzbekistan Berharap Cetak Sejarah Baru

Timnas Kanada Latihan Tertutup, Uzbekistan Berharap Cetak Sejarah Baru    
Timnas Kanada U-17 mengikuti sesi latihan Piala Dunia U-17 2023 di Training Center Bali United, Gianyar, Bali, Kamis (2/11).(Antara)

TIMNAS Kanada U-17 menjadi satu satunya peserta final penyisihan Piala Dunia U-17 yang tidak memperbolehkan media meliput latihan mereka. Hal itu dilakukan Kanada selama menjalani persiapan untuk berlaga di Grup B yang akan dilakoni di Stadion Manahan, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat, 10 November nanti.  
  
Penegasan itu diterima para wartawan peliput Piala Dunia U-17 pada Rabu (8/11) lewat WA grup panitia lokal (LOC)yang menjadi pusat informasi media. Diketahui, jadwal latihan Kanada hari ini berlokasi di Lapangan Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
 
Sementara, tiga tim lain yang akan berlaga dipenyisihan Grup B di Stadion Manahan bersama Kanada, yakni Mali, Uzbekistan dan Spanyol masih memperbolehkan media menggambil gambar 15 menit pertama sesi latihan .
 
Baca juga : Solo Siapkan 10 Bus untuk Penonton Piala Dunia U-17. Segini Tarifnya
 
Timnas Kanada sesuai situs resmi Asosiasi Sepakbola Kanada (CSA) menyatakan, bahwa keikutsertaan skuad talenta muda ke Piala Dunia U-17 di Indonesia adalah yang kedelapan kalinya.

Dari tujuh kali berlaga di Piala Dunia U-17 sebelumnya, mereka selalu kandas di babak awal dan tak pernah bisa melewati babak knockout.  
 
Baca juga : Lengkap! Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Pembagian Grup
 
Karena itu kehadiran mereka di Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Indonesia diharapkan sebagai upaya mendapatkan pengalaman sambil membidik lolos dari penyisihan grup yang diikuti Kanada, Kanada, Spanyol dan Mali.
 

Perjalanan Kanada dan Uzbekistan

 

Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Uzbekistan U-17 mengikuti sesi latihan menjelang Piala Dunia U-17 2023 di Lapangan Gelora Trisakti, Legian, Badung, Bali, Minggu (5/11/2023). Timnas Uzbekistan U-17 akan bertanding pada grup B Piala Dunia U-17 2023 bersama Spanyol, Kanada dan Mali. (ANTARA/Fikri Yusuf)

 

Ketika edisi Piala Dunia U-17 2019 di Brasil, Kanada hanya bertahan sampai penyisihan saja dengan menduduki dasar klasemen di bawah Brasil, Angola dan Selandia Baru.  
 
Keikutsertaan Kanada di Pildun U-17 di Indonesia adalah berkat keberhasilannya mencapai semifinal Kejuaraan Concacaf U-17 2023. Dari zona itu, empat tim semifinalis yang mendapat tiket ke Indonesia.  
 
Pelatih timnas U-17 Andrew Olivieri menaruh harapan tim Kanada bisa lolos dari penyisihan grup untuk kali pertama. "Namun, yang terutama pemain muda bertalenta Kanada bisa mendapatkan pengalaman berharga di Solo," kata dia.
 
Sementara itu Pelatih Timnas Uzbekistan U-17, Jamoliddin Rakhmatullaev, menegaskan, gelaran Piala Dunia U-17 2023 menjadi kesempatan berharga bagi anak asuhnya untuk menciptakan sejarah baru.  
  
Bagi timnas Uzbekistan U-17, Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia ini merupakan partisipasinya yang ketiga. Mereka punya catatan yang terhitung kinclong di level ini. Dari dua edisi sebelumnya, skuad yunior White Wolves ini selalu lolos dari fase gugur.
  
Penampilan perdana mereka di edisi 2011 bahkan sukses mencapai babak perempat final. Sayangnya, Uzbekistan ketika itu dikandaskan oleh Uruguay dua gol tanpa balas. Ada pun pada edisi 2013, mereka mencapai fase 16 besar. Langkahnya dihentikan Honduras dengan skor tipis 1-0.
 
Jamoliddin Rakhmatullaev menegaskan, edisi kali ini menjadi momentum penting bagi para pemainnya untuk mengukir sejarah baru. Timnas Uzbekistan U-17 bertekad untuk mengincar pencapaian yang lebih baik dibandingkan dua penampilan mereka sebelumnya di Piala Dunia U-17.
 
"Ya, Uzbekistan memang biasanya bisa berpartisipasi pada Piala Dunia di level usia muda. Dan memang benar pencapaian terbaik kami ialah babak perempat final di edisi 2011. Kami akan berusaha untuk menulis sejarah baru di Piala Dunia U-17 2023 ini dan membuat negara kami lebih dikenali," kata Jamoliddin Rakhmatullaev usai latihan anak anak asuhnya di Solo. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat