visitaaponce.com

Arsenal Gagal Rebut Puncak Usai Kalah dari West Ham

Arsenal Gagal Rebut Puncak Usai Kalah dari West Ham
Arsenal kehilangan kesempatan untuk kembali menduduki puncak klasemen Liga Premier setelah kalah 0-2 dari West Ham.(AFP)

ARSENAL gagal merebut posisi puncak klasemen Liga Premier setelah kalah 0-2 dari West Ham, sementara Tottenham kalah dalam pertandingan yang penuh dramatis dengan enam gol di Brighton.

Arsenal yang dilatih Mikel Arteta pernah menduduki puncak klasemen pada Natal untuk kedua kalinya berturut-turut, tetapi saat ini ketinggalan dua poin dari pemimpin klasemen, Liverpool, di pertengahan musim.

Meskipun Arsenal, yang menjadi juara kedua tahun lalu, mendominasi penguasaan bola, mereka kurang tajam melawan lawan yang disiplin, di mana Tomas Soucek dan Konstantinos Mavropanos mencetak gol.

Baca juga: Pochettino Yakin Chelsea Masih Bisa Bersaing

Soucek membuka skor dari jarak dekat pada menit ke-13 setelah umpan dari Jarrod Bowen, dengan gol tersebut dikonfirmasi setelah pemeriksaan VAR yang panjang untuk melihat apakah bola keluar lapangan.

Arsenal menyerang dengan gencar, dan kiper West Ham, Alphonse Areola, membuat penyelamatan refleks dari sundulan Bukayo Saka pada menit ke-30.

Baca juga: Manchester City Bangkit dan Rebut Kemenangan dari Everton di Liga Primer

Pemain sayap Inggris itu menghantam tiang dari sudut yang sulit ketika waktu menuju paruh pertama berakhir, tetapi Arsenal tertinggal di babak pertama meskipun mendominasi hampir tiga perempat penguasaan bola.

Arsenal keluar dengan tekad untuk menemukan respons, tetapi justru mereka ketinggalan 2-0 ketika sundulan keras Mavropanos membentur mistar dari sepak pojok James Ward-Prowse.

Gabriel Jesus gagal mengalahkan Areola dengan sundulan ketika berada dalam posisi bagus dan sebentar setelah itu melewatkan peluang bagus lainnya dengan sundulan ke belakang gawang.

Tim tuan rumah terus menyerang gawang lawan tetapi tidak berhasil mencetak gol, dan keadaan bisa menjadi lebih buruk jika Said Benrahma berhasil mengonversi penalti di akhir pertandingan.

Kekalahan ini membuat Arsenal berada di posisi kedua dengan 40 poin, hanya unggul satu poin dari Aston Villa dan tiga poin dari Manchester City, yang memiliki satu pertandingan lebih.

Dramatika di Spurs

Tottenham, pemuncak awal musim ini, tetap berada di posisi kelima setelah kalah 4-2 meskipun mengancam dengan comeback yang menakjubkan dari 4-0 saat melawan Brighton.

Spurs, yang sedang dalam tren tiga kemenangan beruntun di liga, tampil tajam sejak peluit pertama, memberikan tekanan langsung kepada Brighton. Namun, tuan rumah dengan cepat menyeimbangkan permainan dan mulai menguasai bola.

Kiper Spurs, Guglielmo Vicario, melakukan penyelamatan bagus untuk menghalau tembakan Danny Welbeck yang dilancarkan dengan keras dari luar kotak enam yard, membuat sang penyerang tersenyum tidak percaya.

Brighton unggul beberapa menit kemudian ketika Jack Hinshelwood mencetak gol dengan kekuatan brutal setelah aksi solo Joao Pedro di sepanjang tepi kotak penalti. Tuan rumah menggandakan keunggulan mereka melalui titik penalti pada menit ke-23 melalui Pedro, yang memanfaatkan pelanggaran Dejan Kulusevski terhadap Welbeck.

Bek veteran James Milner menggetarkan tiang dengan tendangan melengkungnya setelah setengah jam pertandingan, menunjukkan Brighton berpotensi memastikan kemenangan.

Namun, Tottenham terus menciptakan peluang, dan Richarlison menghantam tiang dengan tendangan keras setelah lari melesat Brennan Johnson.

Pemain depan Brasil, Richarlison, dua kali mencetak gol setelah jeda, tetapi kedua kali itu dianulir karena offside.

Pervis Estupinan menambah keunggulan dengan tembakan keras dari jarak 30 yard pada menit ke-63, dan Pedro mencetak gol kedua melalui penalti pada menit ke-75.

Alejo Veliz mencetak gol hiburan pada menit ke-81, tetapi gol tersebut justru membangkitkan semangat para pemain tamu.

Ben Davies menyundul umpan dalam Pedro Porro saat Spurs terus mengancam setiap kali menyerang, dengan Pierre-Emile Hojbjerg mengenai tiang selama sembilan menit injury time.

Namun, Brighton tahan terhadap tekanan intens untuk meraih tiga poin penuh. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat