visitaaponce.com

Mantan Pelatih Inggris Sven-Goran Eriksson Mengidap Kanker, Sisa Hidupnya Satu Tahun

Mantan Pelatih Inggris Sven-Goran Eriksson Mengidap Kanker, Sisa Hidupnya Satu Tahun
Mantan pelatih timnas sepak bola Inggris asal Swedia, Sven-Goran Eriksson.(AFP/Pool)

MANTAN pelatih timnas Inggris Sven-Goran Eriksson didiagnosis menderita kanker pankreas. Dia divonis kemungkinan hanya memiliki sisa waktu satu tahun.

Pelatih asal Swedia berusia 75 tahun itu pada Februari 2023 lalu mengumumkan dia menarik diri dari publik karena alasan kesehatan.

"Semua orang memahami bahwa saya mengidap penyakit yang tidak baik. Semua orang mengira itu adalah kanker dan memang demikian. Namun saya harus berjuang semaksimal mungkin," kata Eriksson.

Berdasarkan penilaian dokter, dia menyampaikan paling lama hanya punya waktu satu tahun untuk hidup.

Baca juga: Beckham Optimistis Timnas Inggris Bisa Juara Piala Eropa 2024

"Saya bisa memikirkannya sepanjang waktu, dan duduk di rumah dan bermuram durja, merasa tidak beruntung dan sebagainya. Saya pikir mudah untuk berakhir seperti itu," kata Eriksson.

"(Tetapi) lihatlah sisi positifnya. Jangan mengubur diri sendiri karena kesulitan. Ini adalah kesulitan terbesar tentu saja, tapi cobalah untuk membuat sesuatu yang baik darinya," imbuhnya.

Baca juga: Klopp Kecam Sorotan Soal Posisi Alexander-Arnold

Lahir 5 Februari 1948 di Sunne, Swedia, Eriksson yang biasa dipanggil Svennis meraih kesuksesan sebagai pelatih sepak bola setelah pensiun dari karier sederhananya sebagai bek.

Pada 1977, ia menjadi pelatih klub Swedia Degerfors IF. Setelah memimpin klub kecil meraih kesuksesan di divisi bawah, ia menarik perhatian klub-klub besar.

Dia kemudian pindah ke klub IFK Goteborg sebelum meraih kesuksesan secara internasional. Dia sempat melatih Benfica di Portugal, serta beberapa tim Italia termasuk AS Roma dan Lazio.

Kariernya yang paling menonjol ialah sebagai orang asing pertama yang melatih skuad nasional Inggris. Bersama the Three Lions, Eriksson membawa Inggris ke perempat final Piala Dunia pada edisi 2002 dan 2006.

Eriksson setelah itu menangani timnas Meksiko, Pantai Gading, dan Filipina namun tidak pernah melatih timnas negara asalnya Swedia.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat