visitaaponce.com

Pantai Gading Kalahkan Senegal Lewat Adu Penalti

Pantai Gading Kalahkan Senegal Lewat Adu Penalti
Para pemain Pantai Gading melakukan selebrasi usai menang adu penalti atas Senegal di laga 16 besar Piala Afrika.(AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

TUAN rumah timnas Pantai Gading secara mengejutkan lolos ke perempat final Piala Afrika 2023. Pantai Gading menyingkirkan juara bertahan timnas Senegal melalui drama adu penalti di babak 16 besar, Selasa (30/1).

Pantai Gading mengalahkan Senegal 5-4 pada adu penalti menyusul hasil imbang 1-1 hingga babak waktu tambahan.

Kemenangan tersebut menjaga harapan Pantai Gading untuk memenangi gelar di kandang sendiri tetap hidup. Padahal, pekan lalu, Pantai Gading nyaris tersingkir dari babak grup namun kini berhasil melaju ke perempat final.

Baca juga: Kamerun Tersingkir dari Piala Afrika, Andre Onana Langsung Pulang ke Manchester United

The Elephants melaju ke fase sistem gugur dengan rekor terburuk dari empat tim peringkat ketiga terbaik yang bisa lolos. Mereka menyelesaikan babak grup dengan laga terakhir berakhir kekalahan 0-4 dari Guinea Khatulistiwa.

Namun, tuan rumah melupakan hasil grup yang buruk dengan mengalahkan juara bertahan. Drama babak 16 besar itu berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu dengan Habib Diallo mencetak gol untuk Senegal di babak pertama.

Franck Kessie menyamakan kedudukan bagi Pantai Gading melalui penalti, empat menit jelang babak kedua usai.

Baca juga: Penalti Larut Antar Cape Verde ke Perempat Final Piala Afrika

Kessie juga menjadi pahlawan pada adu penalti. Dia sukses mengonversi tendangan penentu setelah penalti ketiga Senegal oleh Moussa Niakhate membentur tiang gawang.

Senegal menjadi juara bertahan ketujuh berturut-turut yang menjadi korban kutukan Piala Afrika. Pasalnya, tidak ada tim juara bertahan yang mampu melaju lebih jauh dari 16 besar sejak Mesir pada edisi 2008.

Kekalahan memalukan dari Guinea Khatulistiwa tidak menyurutkan dukungan bagi Pantai Gading karena para pendukung sudah mengantre dari tengah malam untuk membeli tiket di pusat kota.

Sementara itu, Senegal merupakan salah satu tim favorit. Mereka dengan nyaman mengalahkan Gambia, Kamerun, dan Guinea untuk memuncaki Grup D dan menjadi satu-satunya tim yang lolos dengan mengamankan sembilan poin.

Adapun Pantai Gading hanya mampu meraih tiga poin dan memiliki selisih gol minus tiga. Namun, mereka tetap lolos sebagai negara terakhir dari empat negara peringkat ketiga terbaik. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat