visitaaponce.com

Kalahkan Guinea, Kongo Melaju ke Semifinal Piala Afrika

Kalahkan Guinea, Kongo Melaju ke Semifinal Piala Afrika
Para pemain Kongo melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Guinea di laga perempat final Piala Afrika.(AFP/SIA KAMBOU)

MANTAN bek West Ham United Arthur Masuaku mencetak gol penting saat timnas Kongo mengalahkan timnas Guinea 3-1, Sabtu (3/2) dini hari WIB, untuk melaju ke semifinal Piala Afrika.

Masuaku mencetak gol dari tendangan bebas pada menut 82 untuk membawa negaranya unggul dua gol di laga perempat final.

Di laga semifinal Piala Afrika, Kongo akan menghadapi pemenang laga antara timnas Pantai Gading dan timnas Mali.

Baca juga : Diawara Ingin Terus Cetak Sejarah Bersama Guinea

Mohamed Bayo membawa Guinea memimpin dari titik penalti pada menit 20 namun Kongo menyamakan kedudukan melalui aksi kapten Chancel Mbemba, 7 menit kemudian.

Penyerang Brentford, Yoane Wissa, membawa Kongo berbalik unggul pada menit 65 dari titik penalti sebelum Masuaku mencetak gol dari tendangan bebas pada menit 82.

Laga pertama antara kedua tim dalam tempo 20 tahun diprediksi akan berlangsung ketat setelah di tiga pertemuan sebelumnya, masing-masing tim menang 2-1 serta imbang 2-2.

Baca juga : Mesir Kalah Adu Penalti dari Kongo di 16 Besar Piala Afrika

Kongo melaju ke perempat final Piala Afrika tanpa meraih kemenangan sekali pun. Mereka melaju sebagai peringkat kedua Grup F setelah bermain imbang di tiga laga sebelum mengalahkan Mesir di babak 16 besar lewat adu penalti.

Guinea melaju sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik di babak penyisihan grup sebelum gol tunggal Bayo memastikan mereka menang atas Guinea Ekuatorial.

Kedua tim melakukan satu perubahan di starter tim mereka dengan Kongo menurunkan bek Henock Inonga sementara Guinea memainkan mantan gelandang Liverpool Naby Keita.

Baca juga : Gol Larut Bayo Pastikan Guinea Melaju ke Perempat Final Piala Afrika

Serhou Guirassy, yang telah mencetak 17 gol bersama VfB Stuttgart di Bundesliga pada musim ini, ditempatkan di bangku cadangan oleh Guinea. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat