visitaaponce.com

Menang Adu Penalti Atas Kongo, Afrika Selatan Peringkat Tiga Piala Afrika

Menang Adu Penalti Atas Kongo, Afrika Selatan Peringkat Tiga Piala Afrika
Para pemain timnas Afrika Selatan melemparkan pelatih mereka ke udara usai merebut juara ketiga Piala Afrika dengan mengalahkan Kongo.(AFP/Sia KAMBOU)

KAPTEN dan penjaga gawang Ronwen Williams menjadi pahlawan kala timnas Afrika Selatan mengalahkan timnas Kongo 6-5 lewat adu penalti di laga perebutan tempat ketiga Piala Afrika, Minggu (11/2) dini hari WIB.

Setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit dalam laga di Abidjan, Williams sukses menahan eksekusi penalti Chancel Mbemba dan Meschack Elia untuk membawa Bafana Bafana meraih medali perunggu di Piala Afrika.

Sebelum tendangan Elia ditahan oleh Williams, Siyanda Xulu membawa Afrika Selatan memimpin dan menjadi tendangan penentu kemenangan.

Baca juga : Nigeria Melaju ke Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti Atas Afrika Selatan

Williams menahan empat tendangan penalti pada akhir pekan lalu kala Afrika Selatan mengalahkan timnas Cape Verde di babak perempat final.

Kongo dipastikan menyesalkan kegagalan mereka memanfaatkan sejumlah peluang di waktu normal kala Afrika Selatan melanjutkan rekor sempurna mereka di laga perebutan tempat ketiga setelah mereka mengalahkan Tunisia, juga lewat adu penalti, 24 tahun lalu.

Afrika Selatan melakukan tiga perubahan dari tim yang kalah adu penalti dari Nigeria di laga semifinal, tiga hari lalu,.

Baca juga : Pelatih Maroko Diganjar Skorsing Dua Laga di Piala Afrika

Nkosinathi Sibisi, Thapelo Morena, dan Mihlali Mayambela menjadi starter menggantikan posisi Grant Kekana dan duet Mothobi Mvala dan Percy Tau yang dibekap cedera.

Adapun Kongo hanya mempertahankan dua pemain dari tim yang kalah dari timnas Pantai Gading di laga semifinal Piala Afrika, yaitu kapten dan bek Mbemba dan gelandang Samuel Moutoussamy.

Dengan delapan dari sembilan pemain itu dibangkucadangkan, pelatih Sebastien Desabre memiliki banyak opsi jika ingin melakukan perubahan. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat